Masjidil AqsaPastikan Jangan kalian meninggalkan dunia yang fana ini, sebelum mengunjungi tiga kota suci, yaitu Makkah, Madinah, dan Aqsa. Pernyataan ini merupakan motifasi, agar manusia selalu berusaha agar suatu ketika bisa menginjakkan kaki ke tiga tanah suci. Nabi-pun menganjurkan demikian, sebagaimana pernyataan beliau, yang artinya:’’tidak dianjurkan melakukan sebuah perjalanan (rihlah), kecuali pada tiga masjid, Masjidilharam, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Aqsa’’.
Pernyataan Nabi SAW mengisaratkan sebuah perintah agar manusia terus berusaha bisa dating tiga tempat mulia tersebut. Masing-masing tempat (masjid) di atas memiliki karakteristik. Secara khusus, beribadah di tiga masjid tersebut, berbeda dengan masjid pada umumnya.

Masjidilharam masuk pada urutan pertama, yaitu 100 ribu pahala, kemudian Masjid Nabawi pada urutan kedua, dengan nilai 1000 dan Masjid Alaqsa 500. Ketiga tiga masjid tersebut mendapat perlakukan khusus dari Rosulullah SAW. Karena perlakuan khusus itu, kemudian nilainya menjadi khusus dan menarik untuk dikunjungi.
Pembahasan Makkah dan Madiang sudah rampung, sekarang penulis ingin menjelaskan seputar keistimimewaan Masjid Alaqsa. Ketika Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra’ dan Miraj, yang tepatnya pada bulan Rajab. Nabi SAW memulai start perjalanan dari Masjidilharam, kemudian transit di Masjid Alasa.

Tempat transit Nabi SAW sangat istimewa. Ditempat itulah Nabi SAW disambut oleh arwah-arwah pada para utusan Allah SWT. Sebelum Nabi SAW melanjutkan perjalanan (naik) menjumpai Allah SWT. Sebongkah batu besar itu menjadi tempat di duduk Nabi SAW sebelum Mi’raj.

Atas kuasa Allah SWT, sebongkah batu itu seolah-olah tidak mau ditinggalkan Nabi SAW, karena mencintainya. Ketika Nabi SAW hendak melangkahkan kaki naik menuju langgit, batu itupun hendak ikut. Tetapi, Nabi SAW sampai kini masih tetap melayang di udara. Pada saat melarangnya dengan menghentakkan kakinya. Dan, sampai saat ini, batu tersebut mengantung. Batu itu masih ada, dan bisa disakisikan di masjid Umar (Dome of the Rock) di Lingkungan Masjidil AQSHA di Yarusalem.

Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook