Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 19 - 2012 1 Comment

Abdullah bin Abbas ra, beliau salah satu sahabat Nabi Saw yang amat di cintai oleh Rosulullah Saw. Abdullah Ibnu Abbas ra, lebih terkenal dengan sebutan ‘’Ibn Abbas ra’’. Pada tulisan sebelumnya telah diceritakan Makkah sebagai tempat rekreasi (wisata) di Arab Saudi, karena alamnya indah dan udaranya sejuk.

masjid Ibn Abbas

Nabi Muhammad Saw dua kali datang di Thoif dalam rangka berdakwah. Pertama pada waktu beliau mengajak dan mencari suaka politik di Thaif karena orang kafir Makkah memusuhinya. Tetapi, penduduk Thaif menolak, bahkan mencaci dan melemparinya dengan batu, hingga kaki Nabi Muhamamd Saw berdarah-darah. Tetapi, kondisi itu tidak membuat Nabi Saw menyesal atau dendam kepada mereka. Malahan beliau Saw mendo’akan orang-orang yang menyakitinya agar supaya Allah Swt memberikan hidayah. Karena memang penduduk Thaif yang memusuhinya kondisnya masih jahiliyyah alais tidak mengerti.

Berikutnya, Nabi Saw dan Abu Bakar, Umar, Ali Ibn Abi Thalib ra untuk membebaskan kota Thoif. Nabi Saw dengan beberapa sahabat lain mengajak Bani Tsqif untuk memeluk islam setelah perang Hunain.  Di Thaif terjadi peperangan, 11 sahabat Nabi Saw gugur menjadi Sahid. Mereka di Makamkan di Thaif (makam para suhada), dimana dekat tempat itu sekarang di bangun Masjid Besar.

Ketika berkunjung ke Thaif tidak lepas darik Kisah Ibnu Abbas ra. Dimana beliau pernah wasiat agar supaya kelak kaku meninggal di makamkan di Thaif bersama para Suhad’. Alasannya sangat sederhana, beliau merasa tidak pantas di Makkah, sebab Makkah adalah tanah suci, sementara dirinya merasa banyak dosanya. Sungguh mulia Abdullah bin Abbas ra. Seorang sahabat sejati yang mencintai Nabi Saw dan dicintai Nabi. Thaif menjadi tempat peristirahatan terahirnya.

Masjid besar yang dibangun di Thaif dinamakan dengan Masjid Abdullah Ibn Abbas. Di angun pada tahun 592 H, para pemerintah Nasir li Dinillah Abi Al-Abbas Ahmad bin Al-Mustadi al-Abbasi. Dinamakan Masjid Ibn Abbas, karena tempatnya disamping Makam Ibn Abbas. Makam Ibn Abbas terletak di depan tempat sholat wanita sekarang. Ada juga seorang tokoh besar yang bernama Imam Muhammad bin Al-Hanafiyah bin Ali Ibn Abi Thalib.

Jadi berkunjung ke-Thaif tidak hanya sekedar rekreasi. Lebih dari meneladani kecerdasan Abdullah Ibn Abbas dan kegigihan dan keberanian 11 para sababat Nabi yang membela Islam. Semoga, ketika berada di Makkah tidak hanya menikmati indahnya kota Thaif, lebih dari itu berziarah kepada Abdullah bin Abbas, sekaligus  tahiyyatul masjid shoat di Masjid Ibn Abbas ra.

One Response so far.

  1. Mathew Cypher mengatakan:

    I just want to tell you that I am new to blogging and site-building and honestly liked you’re blog site. Probably I’m planning to bookmark your blog post . You really come with terrific posts. Thanks for revealing your webpage.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook