Posted by Abdul Adzim Irsad On Mei - 6 - 2013 0 Comment

CORNICEBelanja meruapakan ciri khas jamaah haji Indonesia. Jauh sebelum berangkat haji, kadang yang dipikirkan adalah belanjanya. Ini akan menjadi masalah jika kemudian tidak bisa mengatur hatinya. Karena sesunguhnya semua amal ibadah itu tergantung pada niatnya, sebagaimana pernyataan Rosulullah SAW.

Berbincang tentang belanja, Jeddah adalah pusat perbelanjaan terpopuler di Arab Saudi. Semua komoditas bisa ditemukan, mulai kelas elit sampai paling alit. Jeddah, menjadi pusat perbelanjaan tersohor. Dan yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh jamaah haji Indonesia, bahkan dunia adalah Kawasan Balad dan Corniche yang lokasinya dekat dengan pantai Laut Merah.

Balad atau Corniche merupakan pusat perbelanjaan barang-barang mewah, seperti; busana, jam tangan, sepatu, parfum, serta elektronik bermerek terkenal termahal dan canggih. Balad buka pada jam 10 siang, dan puncak keramaian biasanya terjadi pada malam hari. Semua etnis berkumpul menjadi satu untuk memenuhi hasrat dunia belanjanya. Pada musim haji, balada berubah menjadi miliki bangsa Indonesia, karena hampir setiap sudut Balada sebagian besar orang Indonesia. Menariknya, penjual maupun pembeli yang berada di tempat tersebut menghentikan kegiatannya tatkala adzan berkumandang, walaupun mereka tidak beragama islam.

Karen sebagian besar pengunjung pada musim haji berasal dari Indonesia, maka para penjual banyak yang menguasai bahasa Indonesia. Mereka melayani para pembeli dengan baik dan ramah dengan menyapa khas Bahasa Indonesia.

Ada juga tempat belanja lain, yaitu Haraj As-Sawarikh pusat barang murah dan grosiran, letaknya tidak jauh dari  dari Balad. Pusat perbelanjaan juga tidak kalah rame dengan Balad. Pusat perbelanjaan ini menawarkan berbagai macam produk souvenir dan fashion yang amat menarik dengan harga yang tidak terlalu mahal, termasuk souvenir dan fashion bekas seperti karpet dan arloji bekas. Walaupun bekas, barang-baran tersebut asli dan masih layak dipakai.

Ada lagi tempat yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Tahlia Street yang letaknya tepat di jantung kota Jeddah. Tempat ini sangat layak jadi perhatian bagi setiap orang yang ingin berbelanja di Jeddah untuk menghasiskan sisa-sisa real dan dolar. Khusus bagi ibu-ibu sangat cocok, ditempat ini banyak dijual produk-produk fesyen terkenal, sebut saja Gucci, Prada, dan Giorgio, dan masih banyak lagi produk-produk yang mewah dan berkualitas. Ada lagi Pertokoan dikawasan Jalan Palestina (yari’ Falestin). Ditempat ini menjadi pusat sayur mayor, seperti; Jahe, lengkuas, serta semua kebutuhan dapur lainnya

 


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook