Posted by Abdul Adzim Irsad On Januari - 18 - 2013 0 Comment

umrah MakkahRatusan, bahkan ribuan biro perjalanan umrah di tanah air menawarkan beraneka ragam program umrah kepada nasabah, baik jamaah yang bersifat individu maupun kelompok (perusahaan). Bagi yang mahal, biasanya menawarkan hotel bintang lima selama di Makkah,Madinah, dan Jeddah. Pesawatnya juga pesawat Saudi Air Line, atau Garuda. Ada juga yang menawarkan pesawat Ittihad, atau Emirat.

Inti dari sebuah perjalanan Umarah adalah nyaman selama dalam perjalanan, dan nayawam selama dalam peristirahatan selama di Makkah dan Madinah. Jika kedua-duanya bisa disediakan dengan baik dan sempurna, secara otomatias nasabah akan memilihnya. Ditambah lagi pelayanan Ibadah (pembimbing) umrah bagus dan menguasai ilmu haji atau umrah, serta mampu membimbing dengan baik selama ritual umrah di Makkah dan Ziarah ke Madinah.

Yang tidak kalah penting. Biasanya orang Indonesia paling rewel dengan urusan makanan, khususnya orang-orang yang memiliki banyak uang tetapi kurang interaksi dengan banyak orang. Ditambah lagi, niatan umrahnya hanya sekedara ibadah wisata. Kalau yang demikian, bisa paling cerewet jika makanan  tidak cocok, kemuduan ngomel-ngomel.

Ada yang tidak kalah menarik dalam dunia bisnis umrah dan haji. Sebagian biro perjalanan memang memasang haraga murah, tetapi ternyata biaya itu masih belum final. Seperti; tambahan tiket pesawat dari daerahnya masing-masing, handlelig, airpotek, biaya akomodasi, baju dan mukena belum siap pake. Dan selama di Makkah juga membayar lagi jika mau melakukan sebuah tour.

Oleh karena itu jika ada yang menawarkan haji dan Umrah murah dengan harga murah. Hendaknya masyarakat berhati-hati, agar supaya tidak menjadi korban penipuan iklan. Apalagi semakin hari semakin banyak travel, sehingga kadang orang menghalalkan cara untuk mendapatkan calon jamaah haji dan umrah.

Standar biaya umrah saat iniu berkisara, antara 1.900 dolar AS sampai 2.500 dolar AS. Atau antara Rp18 juta sampai Rp24 juta per orang.Oleha sebab itulah, jika ada travel yang menawarkan dibawah itu, tetapi ingin mendapatkan pelayanan istimewa, itu sangat mustahil, alias tidak mungkin. Dalam dunia jual beli, rupa barang akan sesuai dengan haraganya. Tidak satupun usaha haji dan umrah ingin rugi dan bangkrut dalam bisnisnya.

Semenjak antrean haji cukup panjang, maka permintaan umrah semakin banyak. Travel-travel yang berkontor di Jakarta turun gunung. Mereka melalukan segala cara demi untuk mendapatkan jamaah. Banyaknya jumlah permintaan membuat giat para pelaku bisnis haji dan umrah maraup keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Kepada masyarakat..jangan sekali-kali menganggab biro perjalanan haji itu ihlas membimbing haji dan umrah. Sejatinya travel haji itu adalah bisnis murni. Oleh karena itulah, calon jamaah haji atau umrah harus hat-hati di dalam menentukan travel haji atau umrah, agar supaya selama di Makkah dan Madinah tidak sengsara. Travel yang bagus ialah, travel yang mampu memberikan pelayanan transportasi dengan baik, hotelnya dekat, dan ibadahnya selalu mendapatkan bimbingan. Jika tiga-tiganya bisa di dapatkan, maka travel ini akan menjadi langganan nasabah umrah dan haji.

            


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook