Posted by Abdul Adzim Irsad On Agustus - 11 - 2012 1 Comment

Umar Bin KhattabUmar Ibn Al-Khattab, salah satu dari sekian banyak sahabat Nabi Saw yang amat setia terhadap junjungannya. Kesetiaan Umar kepada Nabi Saw tidak tertandingi, sampai-sampai Umar rela mengorbankan nyawa dan harta demi Nabi Muhammad Saw. Begitulah sosok Umar Ibn Al-Khattab ra. Sejak berikrar memeluk islam, Umar Ibn Al-Khattab telah berjanji setia terhadap islam dan membela sampai titik darah penghabisan demi agama Allah Swt.

Ketika perjanjian Hudaibiyah sedang berlangsung antara orang Kafir Qurais Makkah dengan Nabi Muhammad Saw. Umar ra selalu mendampingi Nabi Saw. Sesekali, Suhail (utusan dari Qurais) ingin menyentuh jenggot Nabi Saw, seketika itu Umar menampel(memukul) kerasa tangan Suhail. Umar tidak rela, jika junjungannya Nabi Saw disentuh kulitnya oleh orang-orang Kafir Qurais. Apalagi sampai melukainya. Setelah usai perjanjian, Suhail kembali ke Makkah, lantas memberitakan kepada penduduk seraya mengatakan:’’Demi Tuhan…jangan macam-macam dengan Muhammad, aku tidak pernah melihat orang setia, melebihi kesetiaan sahabatsahabat Muhammad’’.

Profil Umar Ibn Al-Khattab ra memang garang, perkasa, kuat yang di segani oleh penduduk Makkah dan sekitarnya sebelum memeluk islam. Kehebatan dan keperkasaan Umar membuat Nabi Saw ingin sekali islam diperkuat oleh Umar Ibn Al-Khattab, agar islam lebih disegani oleh penduduk Makkah waktu itu.

Suatu ketika Nabi Saw bermunajat kepada Allah Swt agar supaya islam diperkuat oleh salah satu dari Umar (Umar bin Al-Khattab dan Amr bin Hisyam). Memang, waktu itu sosok yang paling di segani dan ditakuti ialah Umar Ibn Al-Khattab dan Amr Ibn Hisyam (Abu Jahal). Nabi Saw berharap kepada-Nya, agar salah satu dari keduanya (Umar ibn Al-Khattab atau Amr Ibn Hisyam) memeluk dan memperkuat Islam.

Allah Swt mengabulkan do’a Rosulullah Saw dengan memilih Umar Ibn Al-Khattab sebagai pendamping setia di dalam menegakakn islam di kota suci Makkah. Tidak lama kemudian Umar ra memeluk Islam atas kesadarannya sendiri ketika menyaksikan adiknya belajar al-Qur’an di Darul Arqom (Makkah) bersama Nabi Saw dan para sahabat lainnya.

Menyadari bahwa dirinya telah berikrar setia kepada Nabi Saw, Umar Ibn Al-Khattab ra menaiki Jabal Shofa lantas mengatakan:’’ wahai kaum Qurais…!Ini Umar Ibn Al-Khattab telah memeluk islam, siapakah di antara kalian yang berani menghalangi Umar Hijrah ke Madinah’’. Semua orang-orang Kafir Qurais tidak ada yang berani. Sebab, Umar Ibn al-Khattab bukanlah orang sembarangan. Siapa yang berani menghalangi, tidak ada ampun baginya. Umar terang-terangan mengajak penduduk Makkah memeluk islam sebagai agama yang di ridhoi Allah Swt.

Yang menarik dari pribadi Umar ialah, jujur dan berani membela kebenaran, dan tidak segan-segan mengingatkan dengan lisan, bahkan melakukan tindakan dengan tangan jika melihat ketidak adilan dan kemungkaran. Oleh karena itu Nabi Saw memberikan julukan special, yaiatu Umar Al-Faruq yang artinya Umar yang mampu memberikan perbedaan yang benar dan yang batil.

Dari segi hukum Umar sangat adil, dari segi materi Umar sangat dermawan. Dan dari segi Ubudiyah Umar benar-benar seorang yang ahli ibadah. Sampai-sampai di bawah kedua kelopak matanya terlihat kehitam-hitaman karena sering menangis takut kepada Allah Swt. Dalam sebuah kisah, Iblis-pun merasa takut dengan Umar Ibn Al-Khattab ra. Begitulah sosok sempurna sahabat Nabi Muhammad Saw yang begitu setia dan cinta kepada Rosulullah Saw.

Banyak kisah menarik terkait dengan Umar Ibn Al-Khattab, sampai-sampai di Mesir (Kairo) terdapat sebuah masjid besar dengan nama “Masjid Umar ibn al-Khattab“. Beliau adalah (pemimpin) kedua setelah Abu Bakar Al-Sidiq meninggal dunia. Kebesaran namanya membuat gempar bangsa-bangsa Romawi dan sekitarnya tetapi. Kepribadianya begitu sederhana, tidak sebesar yang digambarkan oleh banyak orang. Bayangkan saja, bajunya saja banyak yang tambalan. Dari segi usia, Umar sedikit lebih muda dari junjungan Nabi Muhammad Saw.

Umar ra Lelaki Cerdas dan Perkasa.

Ketika Nabi Muhammad Saw wafat, pada tahun 632, dimana Nabi Saw tidak menunjuk penggantinya. Umar ra langsung mengambil inisiatif dengan cepat, dengan cepat beliau mendukung Abu Bakar sebagai pengganti. Alasanya sangat jelas dan gambalang, karena Abu Bakar ra sahabat dekat Nabi Saw sejak kecil, sekaligus mertua beliau Saw. Dari segi ke-islaman, Abu Bakar ra, adalah sahabat yang pertama kali ber-Iman kepada Nabi Saw, dan membenarkan wahyu. Abu Bakar ra juga menjadi penganti Imam Sholat ketika Nabi Saw dalam kondisi sakit. Sederet alasan logis di sampaikan oleh Umar sang Begawan dari tanah Suci Makkah.

Ketika terjadi perang al-Riddah, dimana Umat islam banyak yang gugur menjadi Suhada, dimana sebagian besar adalah penghafal al-Qur’an. Umar Ibn Al-Khattab langsung memiliki inisiatif menarik dengan membukukan al-Qur’an. Padahal, Nabi Saw tidak pernah mengajarkannya. Banyak kalangan menentang, karena ini sama dengan mengada-ngada di dalam ajaran Nabi Saw. Umar tidak perduli, ahirnya pembukuan al-Qur’an dilaksanakan hingga seperti sekarang ini. Begitu juga Tarawih 20 rakaat merupakan gagasan Umar Ibn Al-Khattab, Umar sosok pembaharu dalam islam.

Ketika menjadi Khalifah, Umar ra mampu menaklukan kota-kota penting disemenajung Arab, seperti: Suriah dan Palestina. Menjelang tahun 641, pasukan Arab di bawah Kholifah Umar Ibn Al-Khattab ra telah menguasai seluruh Palestina dan Suriah, dan terus menerjang maju ke daerah yang kini bernama Turki. Tahun 639, pasukan Arab menyerbu Mesir yang juga saat itu di bawah kekuasaan Byzantium. Dalam tempo tiga tahun, penaklukan Mesir diselesaikan dengan sempurna.

Kehebatan Umar sang Begawan dari Makkah santri Nabi Muhammad Saw ini benar-benar mampu menaklukan dunia Arab. Di sisi lain, kehebatan Umar di dalam memimpin sebuah Negara, tetap sederhana dan lembut kepada istrinya. Tidak menyangka, Umar ra mampu memberikan ketentraman di dalam keluarga dan juga masyarakat serta semua orang islam kala itu.

One Response so far.

  1. Kitty Bede mengatakan:

    I simply want to say I am just newbie to blogging and really liked this web site. Likely I’m going to bookmark your blog . You surely have impressive articles. Regards for sharing your blog site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook