Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 29 - 2012 3 Comments

sholatAda lima perkara yang dianjurkan Nabi Saw, dan beliau tidak pernah meninggalkan, bahkan menjadi bagian dari aktifitas sehari-hari. Memberi makan orang-orang fakir miskin, menebarkan salam (kedamaian dan ketentraman) di dalam keluarga dan lingkungan. Melestarikan silaturahmi (membangun) komunikasi ineteraktif dengan masyarkat dan rekan kerja dimana saja berada. Membiasakan bagun malam, ketiak manusa dalam terlelap. Dengan demikian, Nabi Saw mengatakan:”kalian semua akan masuk surga dengan aman dan sejahtera’’. Pernyataan Nabi Saw tentang masuk surga bisa diartikan secara luas. Surga bisa di artikan dengan kebahagiaan ‘’di dunia dan akhirat’’.

Orang yang biasa memberikan (sedekah) makan, minum, atau apa saja kepada orang lain, maka sesungguhnya dirinya telah memudahkan kegalauan orang lain. Secara otomatis, Allah Swt akan memberikan kemudahan dan jalan keluar setiap mendapatkan kegalauan. Begitu sebaliknya, jika sering membuat galau orang lain, dengan sendirinya ia telah mencipatkan kegalauan dirinya di masa mendatang. Jadi, yang di maksud surga yaitu kebahagiaan, kedamaian, dan ketentraman lahir dan batin.
Kepada menantunya, Nabi Saw pernah berpesan tiga perkara, yaitu biasakan sholat duha dimana saja berada, baik dirumah maupund ketika dalam perjalanan (musafir). Biasakan sholat witir (sekaligus sholat tahajjudnya) setiap malam. Dan, biasakan puasa sunnah tiga hari (puasa biid), yaitu puasa tanggal 12,13, 14 setiap bulan. Pesan Nabi Saw tersebut ternyata menjadi obat mujarab setiap rang yang sering dihinggapi kegalauan. Tidak ada ceritannya orang yang rajin bersedakah merasa galau urusan ekonomi. Tidak ada ceritanya orang yang rajin puasa sholat malam dihinggapi rasa galau ketika menadapatkan ujian. Dan tidak ada ceritanya orang yang menyenangkan orang lain merasa galau. Persis seperti hukum fisika, siapa yang melakukan aksi pasti menimbulkan reaksi. Siapa yang suka membantu kegalauan orang lain, maka Allah Swt juga akan menghilangkan perasaan galau yang dihinggapinya.

3 Responses so far.

  1. lista de email mengatakan:

    nice thank you for sharing most informative ideas and also your good view. lista de email lista de email lista de email lista de email lista de email

  2. Theodore Jabs mengatakan:

    I just want to mention I am just newbie to blogging and site-building and seriously loved this web-site. More than likely I’m want to bookmark your blog post . You certainly come with awesome articles. Cheers for revealing your blog site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook