Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 27 - 2013 0 Comment

SofaShofa terletak sekitar 130 meter disebelah selatan Masjidil Haram. Bukit ini adalah bagian dari Jabal Qubais. Pemerintah Arab Saudi mengabadikannya sebagai nama salah satu pintu Masjidil Haram, yaitu “Babus Shofa”. Sedangkan Marwah adalah bagian dari gunung Qoiqan yang terletak di sebelah utara Masjidil Haram. Pemerintah Arab Saudi juga mengabadikannya sebagai nama salah satu pintu Masjid, yang seluruhnya berjumlah 99 walaupun tidak menutup kemungkinan, jumlahnya akan ditambah atau akan dirubah seiring dengan pembanguan dan perluasan Masjdil Haram. Jarak antara Shofa dan Marwah sekitar 405 meter.

Pada zaman Jahiliyah, di Shofa dan Marwa terdapat berhala tempat persembahan mereka. Di bukit Shofa mereka sebut “Isafan“, sedang dibukit Marwa mereka sebut “Nailah”. Kaum jahiliyyah ketika sa’i mengusap kedua berhala tersebut. Islam dan al-Qur’an menghilangkan kedua berhala dari dua tempat ini, dan menjadikan dua tempat ini sebagai bukti kebesaran Allah.

Di sisi lain Shofa dan Marwa merupakan tempat bersejarah. Di samping tempat sa’i bagi para jama’ah haji, keduanya juga mempuyai sejarah yang diabadikan dalam Al-Qur’an. Literatur Islam juga banyak mencatat sejarah kedua tempat mulia di atas, baik sejak zaman Nabi Ibrahim AS atau masa perjuangan Rasulullah  SAW. semasa di Makkah Al-Mukarramah.

Dilihat dari asal-usulnya, Shofa merupakan bukit yang menyambung dengan Jabal Qubes. Namun karena perubahan zaman serta bertambahnya populasi dan demi mempermudah jama’ah haji, maka Shofa  dipisahkan  dan berdiri sendiri seperti sekarang ini.

Setiap orang yang menunaikan ibadah haji, wajib melaksankan thawaf (mengelilingi Ka’bah tujuh kali) serta sa’i (berlari-lari kecil tujuh kali dari bukit Shofa dan Marwa). Sa’i ini seperti yang dilakukan ibunda Nabi Ismail tatkala kebingungan mencari orang karena perbekalan makanan dan minumannya telah habis. Sebenarnya jarak antara Shofa dan Marwa sekitar 405 meter, namun lari-lari kecil yang disunnahkan hanyalah antara lampu hijau yang sudah dipasang di tempat sa’i saja.

.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook