Posted by Abdul Adzim Irsad On Februari - 9 - 2016 1 Comment

Mbah Maemun ZubairFiranda itu seorang mahasiswa yang cerdas, tetapi tidak secerdas Imam Nawawi Al-Bantani sang kakek dari KH Ma’ruf Amin Rois Amm NU dan ketua Majlis Ulama Indonesia. Firanda itu memang hebat, tetapi tidak sehebat Syekh Mahfudz Al-Turmusi guru dari Syekh Muhamamd Hasyim Asyaary dan Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani.
Firanda itu luar biasa ceramah dan orasinya, tetapi tidak seperti keluarbiasaan Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani seorang Muhaddis yang di akui Dunia yang menjadi rujukan ahli hadis Dunia dan Nusantara. Ulama India, Al-Azhar-pun kagum terhadap kedalaman dan kesantuan Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani, karean karya-karyanya yang banyak dan luar biasa.


Firanda itu memang orang Indonesia Asli, terlihat dari wajah dan hidunyanya memang tidak mancung seperti orang Arab. Firanda itu dipercaya mengajar di Masjid Nabawi, karena untuk mengajar di Masjid Nabawi itu harus sesuai dengan ke-inginan Ulama Arab Saudi, bukan ke-inginan ulama Ahlussunah Waljamaah secara menyeluruh. Kehebatan Firanda itu tidak seperti kehebeatan Syekah Abdul Hamid Ali Kudus yang pernah dipercaya menjadi Imam Masjidilharam dan mengajar di Masjidilharam.
Firanda itu memang orang Indonesia yang belajar di Arab Saudi, tetapi tidak seperti KH Muhammad Hasyim Asyary dan KH Ahmad Dahalan yang pernah belajar di Masjidilharam, dan ikut serta mendirikan Negara Republik Indonesia. Firanda itu memang salah satu mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari Islamic University Madinah, tetapi Syekh Muhammad Hasyim Asyaary dan KH Ahmad Dahlan belajar dengan biaya sendiri, dengan tujuan dakwah dan mengusir penjajah, serta mengajak orang tidak ber-iman menjadi bertauhid.
Sudah pasti dan jelas, Firanda itu menguasai bahasa Arab, tetapi belum tentu kedalaman bahasa Arabnya sepadan dengan Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani sang Muhaddis yang pernah disebut oleh Sayyed Muhammad Alawi Al-Maliki. Ketika Firanda menghujat, melecehkan, dan men-syirikkan Sayyid Muahammad Alawi Al-Maliki. Ketika saya mengunjungi Madinah, saya mendengar bahwa ada seorang mahasiswa Madinah yang dipercaya mengajar di Masjid Nabawi, ternyata dia adalah Firanda.
Banyak sekali yang mengatakan bahwa Firanda itu sosok yang tepat mengantikan Ulama’ Nusantara yang pernah dipercaya oleh ulama Makkawi mengajar di Masjid Nabawi. Setelah mendengarkan ceramah, membaca tulisan-tulisanya, ternyata tidak sehebat nama besarnya. Jika ulama-ulama Nusantara yang mengajar di Masjidilharam dan Masjid Nabawi sebagian besar mengikui akidah Ahlussunah Waljamaah Al-Syairah yang ber-madhab Al-Syafii. Sementara, Firanda bukan pengikut Ahlussunnah Waljamaah sebagaimana para pendahulunya. Justru, Firanda mengecam, bahkan mengkritisi, bahkan tidak segan-segan menyalahkan akidahnya ulama-ulama Nu-santara yang mengajar di Masjidilharam.
Kali ini, Firanda menyesatkan Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki. Padahal semua tahu bahwa Sayyid Muhammad itu menjadi guru dan rujukan Ulama Nusantara, sekaligus menjadi rujukan ulama dan habaib Dunia. Dalam dunia demokrasi, barangkali sah-sah saja bagi Firanda melecehkan Sayyid Muhammad, tetapi perlu di ingat bahwa kemampuan dan kedalaman ilmu dan keluhuran budi pekerti Firanda tidak sepadan dengan ke-ilmuan Prof.Dr. Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki yang meraih gelar doktor dari Al-Azhar Syarid Mesir.

Bahkan, kedermawanan Firanda, tidak bisa dibandingkan dengan kedermawanan Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki yang setiap dan waktu memberikan sebagian duitnya kepada santri-santri, dan juga tamu yang datang kepadanya. Jika Firanda setiap tahun mendapatkan beasiswa, maka Sayyid Muhammad memberikan beasiswa.

Firanda itu kemampuan masih selevel dengan santri-santri Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki, seperti; Maimun Nazih, Lutfie Bashori, dan masih banyak santri-santri Sayyid Muhammad yang bisa diajak dialog dan bediskusi secara sehat dan sportif (bersambung….)

One Response so far.

  1. […] Sayyid Muhammad Alawi Al-Makki, Najih Memun, Lutfie Bashori, Firanda, | pada Ketika Sayyid Muhammad di Sesatkan Firanda (1) […]


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook