Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 4 - 2012 1 Comment

 Nabi Saw tinggal di kota Madinah kota sejuta kisah indah nan menyenangkan bagi setiap orang yang pernah mengunjunginya. Kediaman Nabi Saw, jauh lebih kecil dari pada kebesaran namanya dan makomnya sebagai seorang utusan Allah Swt. Rosulullah Saw di utus untuk alam semesta. Madinah menjadi tempat sebaik-baik mahluk dan sebaik-baik manusia yang akan memberikan pertolongan kepada setiap pengikut setianya kelak.

Sangat wajar, jika kemudian Madinah menjadi kota paling sempurna sepanjang jaman, penuh dengan nilai sejarah, serta memberikan berkah (kebaikan melimpah) kepada penghuni dan penziarahnya. Semua orang berharap bisa berkujung kehadirat Nabi Saw, setiap orang yang pernah menunjungi Nabi Saw, terasa berada dalam naungan surga. Tetapi, tidak semua orang bisa  berkunjung ke-hadirat Nabi Muhammad Saw, namun waktu dan jarak membuat para pengikutnya tidak bisa bertemu dengan baginda Nabi Saw. Tetapi, setiap untain sholwat atas Nabi Saw, akan di sampaikan kepada Nabi Muhammad dan di jawab langsung oleh beliau. Walaupun jumlah pengikut Nabi Saw milyaran di seluruh penjuru dunia, beliau Saw mengenali satu-satu persatu dan kelak akan menolongnya dari kesulitan-kesulitan ahirat.

Begitu hebat dan besar Nabi Muhammad Saw, tetapi tahukah kita, seperti apa kediaman Rosulullah Saw? Profil kediaman Nabi Saw, dekat dengan tempat ibadah (masjid), dekat juga dengan makam (kuburan). Nabi Saw mencontohkan, agar supaya rajin ibadah dan juga selalu ingat dengan kematian yang menanti setiap saat. Selanjutnya, rumah tempat tinggal Nabi Saw saat ini sudah tertutup rapat, karena sekarang sudah menjadi tempat peristirahan abadi. Siapa yang ingin berkunjung, Nabi Saw tetap mempersilahkan, beliau akan menjawab setiap ucapan sholawat dan salam yang di ucapkan, walaupun dari balik tembok.

Ukuran kediaman beliau Saw begitu kecil dan sempit, kecil dibanding dengan kebesaran nama dan kedudukanya sebagai seorang pemimpin umat manusia. Menurut Imam Hasam al-Basori, ketika beliau masih remaja, beliau pernah bermain kekediaman Nabi Saw sebelum dirobohkan. Beliau lantas menuturkan:” aku pernah memasuki kediaman Nabi Saw, waktu itu aku masih remaja,aku bisa meraih atapnya dengan tanganku.[1] Ini merupakan isarah bahwa rumah Nabi Saw hanya cukup untuk berteduh dari panas dan dingin. Bukan untuk mewah-mewahan dan gagah-gagahan, sebagaiamana rumah-rumah para pengikutnya saat ini.

Di dalamnya, menurut para tetangga dan kerabat dekat, tidak mewah sebagaimana rumah para pemimpin, pejabat masa sekarang. Akan tetapi, kediaman Nabi penuh dengan cahaya al-Qur’an, sunnah dan wahyu ilahi. Nabi tidak memiliki taman yang dipenuhi dengan beraneka ragam kembang dan hiasan, seperti para bangsawan dan agamawan masa kini. Di sekitar kediaman Nabi Saw, bersih dari semua hiasan, dan taman. Dinding rumah beliau juga bersih dari segala hiasan dinding, atau beraneka ragam bentuk gambar, pernak-pernik, dan hiasan keramik, sebagaimana yang kita temukan disetiap rumah. Kediaman Nabi bersih dari segala kotoran, sebagaimana bersihnya para penghuni dari sifat-sifat atau penyakit hati. Sungguh sempurna, manusia biasa tetapi posisinya sangat istimewa disisi Allah Swt. Beliau masuk pada makom yang sangat tinggi yang kita kenal dengan “makoman mahmuda”, serta menjadi wasilah setiap umatnya memasuki surga.

Istri-istrinya juga mempunyai rumah (hujurat) masing-masing, semuanya berdektan dengan masjid Nabawi. Tujuannya ialah, agar memudahkan Nabi untuk memberikan Nafkah lahir dan batin. Tidak ada yang lebih mewah diantara rumah-rumah yang disediakan Nabi untuk istri-istrinya. Begitulah profil rumah Nabi Muhammad Saw, manusia sempurna sepanjang jaman. Allahumma Solli Ala Muhammad Saw.

 

 



[1] . Abdul Ghoni,Ilyas, Muhammad, Buyutu al-Sohabat haula al-Masjidi al-Nabawi al-Syarif,  halaman 22 tahun1999- Cetakan Makatabah Malik fahad al-Watpniyah.

One Response so far.

  1. Chung Casarz mengatakan:

    I simply want to mention I am very new to blogging and truly loved this blog site. Most likely I’m planning to bookmark your blog . You really have perfect article content. Thanks for sharing your web-site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook