Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 30 - 2012 1 Comment

Mas'had HaramSholih ialah orang yang mampu memberikan ketentram di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat, begitulan pernyataan KH Ahmad Siddiq Jember.  Beliau memberikan pengertian sholih sangat sederhana. Sholih itu lebih pada peranan di dalam masyarakat dan keluarga, setelah melaksanakan perintah Allah Swt dan menjauhi larangan-Nya. Belum dikatakan sholih, jika belum mampu memberikan ketentraman di dalam keluarga dan lingkunganya, walaupun ibadahnya rajin dan tekun, serta setiap hari berpakaian taqwa dan jubah panjang, dan jengotnya panjang, atau penceramah di atas panggung. Tetapi, tingkah laku, serta prilakunya justru menimbulkan keresahan, dan menimbulkan permusuhan.

Orang sholih sangat dicintai oleh Allah Swt. Mereka senantiasa disebut-sebut setiap waktu di dalam setiap sholat, baik wajib maupun sunnah. Kadang orang sholih berprofesi pedagang, dosen, guru, dokter, pejabat, tehnokrat, politisi, petani. Alangkah indahnya, jika orang sholih itu melekat pada orang yang ber-limu dan berwawasan luas, serta rajin dan taat beribadah kepada Allah Swt. Yang demikian ini disebut dengan ‘’Ulama’’ yang di jelaskan di dalam al-Qur’an dengan ‘’ulama’ itu pewaris pada nabi’’. Di dalam ayat lain, Allah Swt menjelaskan:’’ Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama (QS Fathir (35:28).

Nabi Saw berpesan, agar supaya sering-sering berkumpul (bermitra) dengan orang-orang berilmu (ulama). Dengan bermitra, akan banyak  ilmu dan pengetahuan yang didapat. Tambahan pengetahuan dan ilmu dari orang-orang sholih, akan memberikan dampak positif. Wajarlah kiranya, jika Nabi Saw menganjurkan kepada pengikutnya agar bergumul dengan orang-orang sholih. Ibarat bergumul dengan penjual parfum, walaupun tidak punya akan mendapatkan wanginya. Apalagi, ikut serta ta’lim, berdzikir bersama dengan orang-orang sholih, sudah pasti akan memberikan ketenangan dan ketentraman jiwa.

Galau….!jangan dibiarkan terjadi. Buanglah rasa galau itu dengan mengikuti pengajian orang-orang sholih yang dekat dengan Allah Swt. Setiap tutur yang keluar dari lisan orang yang sholih selalu menjejukkan batin, bagaikan embun pagi. Senyumnya juga memberikan semangat baru, sehingga galaupun berubah menjadi motifasi. Sikap dan prilaku orang-orang sholih patut dicontoh, baik ketika di dalam membina keluarga, dan menjadi rujukan masyarakat.

Ciri khas orang sholih ialah rajin beribadah kepada Allah Swt, dan meninggalkan larangan Allah Swt. Lisannya terjaga dengan baik, dan tidak pernah menyakiti orang lain dengan kata-katanya. Dan setiap orang yang datang kepadanya selalu di do’akan dengan kebaikan. Ketika ada orang mencacinya, ia menghadapinya dengan sabar. Oleh karena itu, do’a orang seperti inilah yang bisa menembus langit tujuh. Ketika sedang galau, janganlah datang ketempat maksiat, tetapi bergumullah dengan mereka, niscaya do’a yang dipanjatkan akan dikabulkan Allah Swt.

 

 

 

 

 

 

 

 

One Response so far.

  1. Takako Wailes mengatakan:

    I simply want to say I’m beginner to blogs and honestly loved you’re blog. Likely I’m want to bookmark your blog . You amazingly have impressive writings. Thanks for revealing your webpage.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook