Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 18 - 2012 1 Comment

Kunci Baitullah

Motif dan niat orang naik haji ketanah suci bermacam-macam. Ada yang ingin di panggil pak Haji, ada juga yang sekedar rekreasi, ada juga yang ingin polularitasnya semakin tinggi. Ada juga yang berangkat ke tanah suci karena gengsi, sebab tetangga dan kerabatnya sudah menunaikan ibadah haji. Kalu sudah demikian, berbagai cara dilakukan, seperti; Arisan haji, mengikuti MLM yang mengarah pada merugikan orang lain. Ada juga yang harus utang, padahal yang demikian tidak disukai oleh Allah Swt. Syarat utama orang naik haji harus mampu finansialnya.

Oleh karena itu, Nabi Saw mewanti-wanti kepada setiap umatnya agar selalu menata hatinya ketika hendak melakukan ibadah. Hadis seputar niat, oleh Imam Bukhori diletakkan pada bab awal. Sampai-sampai, beberapa kitab hadis, seperti; Bukhori, Muslim, Arbain Nawawiyah mengawali dengan hadis ‘’Sesungguhnya amal perbuatan itu di dasari oleh niat’’.  Jika niatnya benar, bersih, semata-mata karena Allah Swt secara otomatis Allah Swt akan memberikan balasan. Sebagaimana keterangan Rosulullah Saw ketika menyikapi haji Mabrur, bahwa balasan yang paling tepat adalah Surga.

Balasan Surga, bisa diartikan dengan surga dunia dan surga di ahirat. Artinya, orang yang menunaikan ibadah haji semata-mata kerena Allah Swt, dengan bekal yang halal, serta bekal ilmu yang cukup. Secara otomatis akan mendapatkan surga (kebahagiaan) duniawi. Seperti rejeki melimpah dan penuh berkah. Sedangkan kelak di ahirat, akan mendapatkan balasan surga haki, sebagaina penjelasan al-Quran dan hadis Nabi Muhammad Saw.

Tidak hanya itu, setiap rupiah yang dikeluarkan untuk biaya haji, Allah Swt akan membalasnya dengan berlipat ganda. Sampai-sampai Nabi Saw menyutkan angka besaran balasan bagi setiap jamaah haji dengan 700 dirham. Jadi, jika benar-benar haji karena Allah Swt, justru akan semakin kaya dan ekonominya semakin makmur sebagaimana janji Nabi Muhammad Saw yang sudah pasti dijamin kebenaranya. Sungguh nyata, sepulang dari tanah suci, justru banyak mendapatkan kemudian di dalam mencari rejeki-Nya.

 

 

One Response so far.

  1. Willy Kuroda mengatakan:

    I just want to say I am just newbie to blogging and site-building and truly liked this web page. More than likely I’m going to bookmark your website . You definitely come with great stories. Appreciate it for sharing with us your website.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook