Posted by Abdul Adzim Irsad On September - 5 - 2012 3 Comments

Haji KunoHaji adalah rukun islam yang ke-lima. Setiap umat islam mengharap dan berdoa kepada-Nya, agar bisa menunaikanya. Setiap orang mukmin sejati mesti mempunyai cita-cita menunaikan rukun islam ke-lima ini, yaitu memenuhi panggilan Ilahai ke Tanah Suci Makkah. Tidak perduli bagaimana caranya, apakah itu dihajikan orang lain, atau mendapatkan hadiah dari perusahaan tempat bekerja, atau menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI). Yang terpenting ialah bisa menunaikan ibadah haji ditanah suci Makkah.

Biasanya, orang yang memiliki cita-cita dan harapan menunaikan ibadah haji, memotifasi semangat bekerja, beribadah, dan tidak malas menjalankan kebaikan. Ibarat pepatah orang arab ‘’man jadda wajad’’ yang artinya sipa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil. Tidak lantas bekerja keras, orang tersebut juga rajin bersujud dan bermunajat agar impian menunaikan ibadah haji ditanah suci bisa terwujud.

Allah Swt dan Nabi Saw telah mengatur dan menjelaskan syarat-syatat untuk menunaikan ibadah haji dan umrah di Makkah. Haji dan Umrah adalah kewajiban bagi setiap mukmin yang mampu secara fisik, materi ditambah lagi dengan ilmu pengetahuan. Tidak wajib bagi orang yang miskin, belum punya rumah, atau masih belum mampu untuk naik haji. Tetapi, jika bisa menunaikan ibadah haji, maka kewajiban hajinya sudah terpenuhi. Begitu juga orang yang sakit, juga tidak berkewajiban menunaikan ibadah haji.

Syeh Ibnu Hajar al-Asqolani ketika memaknai ayat” Man istato’ ilaihi Sabila” sangat luas. Beliau menyebutkan, wajib bagi setiap orang yang sudah istito’ah artinya secara Al-Zad (bekal, meliputi materi yang cukup untuk bebergian dan kepulangan, bahkan yang ditinggalkan juga tidak kekuarangan). Sedangkan “al-Rahilah” berarti transportasi yang meliputi semua sarana dan prasarana. Jadi, orang islam yang sudah cukup mampu dari segi fisik, materi, trnasportasi, maka wajib baginya menunaikan Ibadah Haji. Jika menunda, dengan alasan yang mengada-ngada, atau malasa, atau takut berkurang hartanya, atau sibuk dengan pendidikan dan pekerjaan. Ketahuilah, bahwa alasan-alasan itu akan menjadi kenyataan. Tidak aneh, jika kemudian sampai wafat tidak bisa menunaikan ibadah haji.

Setiap orang yang melakukan ibadah haji, akan menemukan kesulitan, baik baik sarana kendaraan, transportasi, bahkan akomodasi. Juga, proses pendaftaran hingga keberangkatan, hingga kepualngan dari tanah suci, tidak semudah yang dibayangkan. Wajar jika ibadah haji kemudian diibaratkan Jihad (berjuang di jalan Allah Swt).

Nabi Saw mengatakan:’’jihadnya orang tua, lemah dan wanita adalah Haji”. Memang Haji memerlukan perjuangan fisik dan materi. jika orang muslim bisa melaksanakan haji dengan sebaik-baiknya, ihlas dengan segala sesuatunya, dan semata-mata karena-Nya, maka Allah akan mencatatnya dengan Haji Mabrur.

Surga ialah tempat yang pantas baginya. Nabi Saw mensinyalir bahwa orang yang melaksanakan haji (mabrur), maka segala dosa -dosanya diampuni baik yang sudah atau yang belum. Dalam Sebuah hadis:’’Haji itu menghapus dosa-dosa sebelumnya. Tetapi, manakala orang yang haji ternyata sepulang dari Makkah tidak ada perubahan lebih baik, bahkan masih suka melakukan kemaksiatan, maka bisa dikatakan haji itu perlu dievaluasi. Barangkali, ongkosnya, atau syarat rukunnya masih belum bagus, niatanya belum ihlas, hartanya belum bersih.Wallau a’lam

3 Responses so far.

  1. should they eventually arrived, I became dismayed. They will viewed consequently premature. Honestly, Take part in just like gucci store nyc just like an item you can acquire pertaining to Fifteen.Double zero $ for your new pals. Possibly not value a great higher fee. They will continually offer the equal ease and comfort, and actual softness, yet the glance really does the organization Not any the law.

  2. Any fur is going to be my personal favorite element regarding the as they preserve the little feet type and it’s lovable!!

  3. Pete Bjorn mengatakan:

    I just want to tell you that I am just all new to blogging and truly liked your blog. More than likely I’m want to bookmark your blog post . You certainly have tremendous writings. Regards for revealing your webpage.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook