Posted by Abdul Adzim Irsad On Mei - 14 - 2011 1 Comment

madinah kota nabiKota Makkah dan Madinah adalah dua kota suci umat islam.  Kedua Kota ini menjadi tujuan semua umat Islam, bahkan Nabi Saw sangat menganjurkan agar umatnya bisa berkujung ke kota Makkah dan Madinah. Kesakralan kota Makkah tidak terlepas dari keberadaan Ka’bah, Arafah, Muzdalifah, Mina. Lebih menarik lagi kota Makkah ini menjadi awal mula perjuangan Nabi Saw, sehingga menyimpan sejuta cerita yang tidak dimiliki kota laianya. Beraneka ragam aksesioris menghiasi keistimewaan Makkah, antara lain adanya sumur Zam-zam, makom Ibrahim, hajar Aswad, serta banyaknya malaikat yang menunggu baitullah. Dengan demikian, kota Makkah menjadi istimewa dan sakral, sebagaimana Nabi Ibrahim a.s memohon kepada-Nya, agar Allah mensucikanya hingga akhir jaman nanti.

Sedangkan Madinah, menjadi sangat menarik, karena Nabi Saw memilihnya sebagai tempat hijrah. Kota Madinah juga termasuk kota seribu satu cerita seputar kisah Nabi dan para sahabatnya ketika membagun peradaban baru. Nabi Saw pernah memohon kepada-Nya, agar Madinah menjadi kota suci, dan diharamkan bagi semua orang Nasrani, Yahudi dan orang tidak beragama laiannya. Ketika membuka kota ini, Nabi tidak mengawali dengan perang serta kekerasan, tetapi beliau membuka dengan lantunan ayat-ayat Allah, tasbih, tahmid dan tahilil. Bahkan penduduknya sudah lama menanti kehadiran Nabi Saw, sehingga ketika beliau Saw hijrah dari Makkah, mereka menyambut dengan nyayian-nyayian kerinduan atas kehadiran mahluk terbaik sepanjang jaman.

Malaikat hilir mudik, silih berganti menemui Nabi di kota Madinah ini, mereka membawa wahyu dari robbu al-Izzati disampaikan kepada baginda Nabi. Malaikat juga berbaris rapi mengelilingi kota ini, agar supaya dajjal, thoun (wabah) penyakit, serta semua orang jahat tidak bisa memasukinya. Semua kisah cerita seputar Nabi, sahabat, kerabat, istri, serta aktifitasnya tercatat rapi dalam sebuah buku’Shohih al-Bukhori, dan Muslim’’. Madinah adalah kota peradaban pertama, yang telah direncankan tuhan untuk kekasinya’’ Muhammad Rosulullah Saw’’.


[1]

One Response so far.

  1. Brice Bardoner mengatakan:

    I just want to say I’m newbie to blogs and truly savored this website. Very likely I’m planning to bookmark your site . You definitely have incredible posts. With thanks for revealing your blog site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook