Posted by Abdul Adzim Irsad On Januari - 30 - 2016 0 Comment

Foto1349Tidak satupun manusia yang hidup dimuka bumi ini, kecuali akan akan menghadapi masalah dalam hidupnya. Baik masalah kecil, maupun medium, atau masalah besar. Ketahuilah, Allah SWT tidak akan memberikan masalah, diluar kemampuan hamba-Nya. Masalah itu bukan untuk dihindari, tetapi untuk dihadapi dengan hati, dan diselesaikan atas pertolonan Allah SWT.

Ketahuilah, sesunguhnya masalah-masalah yang dihadapi manusia itu, tidak akan pernah berhenti, selama masih hidup di muka bumi. Bahkan, sampai mati-pun, di dalam kubur juga akan menghadapi masalah yang lebih rumit, jika sewaktu hidup tidak memperiapkan diri. Biasanya, setiap masalah yang dihadapi sudah ketemu solusinya, Allah SWT memberikan masalah lagi. Tujuannya, agar manusia itu tetap semangat dan makin bersandar diri kepada Allah SW. Allah SWT yang memberikan masalah, Allah SWT yang memberikan jalan keluarnya.
Sebagai umat Muhammad SAW, yang beriman kepada Allah SWT dan Rosulullah SAW, tidak perlu terlalu merisaukan masalah yang dihadapinya. Sebab, masalah-masalah itu sejatinya bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Allah SWT telah memberikan pentunjuk, bagaimana cara menyelesaikan masalah. Beberapa masalah yang sering dihadapi seseorang antara lain, masalah keluarga dan keharmonisan keluarga, pendidikan anak dan ahlak, penghasilan, kesehatan. Semua itu pasti berlalu, jika sudah ketemu cara menyelesaikannya.
Di dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,” (QS. Ar-Ra’d:11). Jangan pernah berdiam diri, tetapi berubahlah, dan terus berusaha dengan sekuat tenaga untuk mencari solusi terbaik di dalam menghadapi masalahnya. Ketahuilah, Allah SWT senantiasa akan membantu orang-orang yang mau berusaha dan ihtiyar dalam usahanya.
Jangan pernah menyerah dab putusa asa, manusia pasti bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Karena masalah yang Allah SWT berikan kepada hamba-Nya itu sudah sesuai dengan kemampuan hamba-Nya. Allah SWT berfirman “ Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya,” (QS. Al-Baqarah(2:286). Harus memiliki keyakinan, pasti aku bisa. Tidak ada yang sulit di dunia ini. Tidak ada sesuatu yang tidak bisa diselesaikan di muka bumi ini. Dengan catatan, tetap menyandarkan diri kepada Allah SWT.
Orang yang menghadapi masalah itu harus memiliki keyakinan, bahwa kemudahan bersama kesulitan. Dalam hidup ini, setiap orang yang menghadapi kesulitan, kemudian dihadapi dengan kesabaran, pasti akan mendapatkan kemudahan. Orang itu merasakan nikmatnya sehat, karena pernah merasakan sakit. Orang akan merasakan nikmat kaya, jika pernah merasakan miskin. Ketahuilah, Allah SWT berfirman “maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan,” (QS. Al-Insyirah: 5-6). Di dalam hadis, Rosulullah SAW juga menceritakan seputar kesulitan itu selalu dibarengi dengan kemudahan.
Setiap umat Muhammad SAW harus yakin dan percaya bahwa Allah SWT satu-satunya dzat yang berkuasa atas segalanya. Allah SWT yang memberi, Allah SWT pula yang mengambilnya. Siapa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, itulah orang yang paling mula di sisi Allah SWT. Orang yang bertaqwa itu selalu berusaha melaksanakan perintah-Nya, dengan segenap kemampuannya, dan berusaha menjauhi larangan-Nya. Orang yang taqwa itu, bukan berarti tidak punya masalah, justru semakin tinggi ketaqwaanya, semakin besar pula masalah yang dihadapinya. Hanya saja, Allah SWT memberikan kemudahan, kekuatan, sehingg sebesar apapun masalahnya, tidak akan pernah putus asa. Justu semakin kuat dan kokoh ke-imanan dan ketaqwaannya kepada-Nya.
Allah SWT pernah berfirman di dalam Al-Quran yang artinya “Barang siapa bertakwa kepada Alloh maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakal kepada Alloh maka cukuplah Alloh baginya, Sesungguhnya Alloh melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya,” (QS. Ath-Thalaq: 2) (Malang, 30/01/2015)


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook