Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 29 - 2013 0 Comment

MAKKAH kota yang memiliki kisah-kisah menarik, unik, dan keramat, sebagaimana posisi kota Makkah yang disucikan Allah SWT. Di Makkah terdapat puluhan bahkan ratusan masjid. Setiap masjid memiliki sejarah dan kisah yang menarik. Sebagian masjid yang dibangun sejak Rosulullah SAW sudah dihancurkan, sebagian lagi hanya tinggal kisahnya. Dan sebagian lagi masih dilestarikan walaupun sudah mengalami banyak renovasi. Dalam tulisan ini, akan dikisahkan masjid yang aneh, yaitu Masjid ”JIN” karena memang memiliki ikatan khusus dengan mahluk halus yang bernama ”JIN”.

masjid jin

Penguburan orang-orang Makkah dan jama’ah haji yang meninggal di Makkah sejak zaman Nabi sampai saat ini). Masjid ini sering direnovasi, tetapi lokasinya tidak berubah. Pemerintah sering merenovasi serta mempebesar dan menambah fasilitas di dalamnya, termasuk tempat wudhu’ dan toilet.

Nama masjid ini diambil dari makhluq Allah, yakni bangsa “Jin”. Adapun asbabul wurud-nya yaitu Nabi pernah menerima rombongan jin yang ingin dibaiat beliau. Mereka pernah bertemu dengan Nabi ketika beliau pulang dari Thaif (Nakhlah). Saat itu beliau dalam keadaan yang sangat memprihatinkan akibat ulah orang-orang Thaif. Di dalamnya juga termasuk tempat turunya surat Jin.

Masjid ini disebut juga dengan “Masjid al-Haras”. Letaknya di daerah Hajun.[1] Lisan orang Mekah dan jama’ah haji lebih suka menyebutnya dengan Masjid Jin. Di dekatnya terdapat sebuah masjid kecil namun masih dipakai untuk berjama’ah. Masjid itu di namakan “Masjid Raayah”, yang berarti bendera. Ketika Fathu Makkah, lokasi ini menjadi tempat bendera umat Islam kala itu, sehingga dinamakan Masjid Raayah.



[1] al-Fasi, Syifaul Gharam Bi Ahbari Baladi al-Haram,  (Darul Kitab al-Arabi: Beirut), Juz 1, hlm. 473

 


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook