Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 23 - 2013 0 Comment

Mekkah

Makkah merupakan tempat paling istimewa. Kota ini dimuliakan dan disucikan oleh Allah Swt, buktinya kata Makkah sering disebutkan dalam al-Qur’an dan hadis Rasulullah SAW. dengan redaksi yang berbeda-beda.

Suatu benda, waktu, tempat, jika sering disebut dengan berbagai nama dan berulang-ulang, mengisaratkan bahwa nama dan tempat tersebut memiliki nilai tinggi. Semisal kata pedang, yang dalam bahasa Arab disebut saif, muhannad, sorim, silah, battar dan lain-lain. Padahal maknanya sama, yaitu pedang. Begitu juga kata harimau yang dalam bahasa Arab disebut asad, usama, haidar, laits, fahad dan lain-lain, yang kesemuanya bermakna satu yaitu raja hutan. Pedang dan harimau mempunyai banyak padanan kata karena dua kata itu dianggap memiliki kehebatan dan keistimewaan.

Dalam literatur Islam, sejak jaman jahiliyah kuno sampai saat ini banyak sekali orang Arab memberi nama putra-putranya dengan nama Usama, Fahad, Laits, Haidar, Asad. Tujuannya, bila nama-nama ini disebut, kabilah-kabilah lain yang mendengarnya akan merasa gentar dan ketakutan. Sebab Fahd, Usamah dan Laits merupakan binatang yang sangat hebat, kuat  bahkan menakutkan. Penghuni hutan belantara tunduk dan takut terhadap binatang ini.

Makkah al-Mukarramah berada dalam ketinggian 300 m di atas permukaan laut. Makkah terletak dipusaran bumi. Makkah menjadi pusat ilmu dan pengetahuan, karena di situlah Nabi SAW. dilahirkan, dan al-Qur’an diturunkan. Kota ini menjadi menarik, karena adanya bangunan rumah Allah yang terThua di muka bumi, dengan masjid terindah dan termegah “Masjidilharam yang menjadi lambang persaThuan dan kekuatan umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Ketika memasuki kota suci ini, harus melalui salah satu pintu utama dari tiga jalan protokol, Al-Mualat, Al-Misfalah, dan Al-Subaikah. Setiap orang yang akan memasuki kota suci ini, terlebih dahulu diperiksa secara ketat, dipastikan orang tersebut muslim dan tidak membahayakan keamanan kota suci Makkah.

:


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook