Posted by admin On June - 9 - 2012 3 Comments

Antrean HajiDalam ibadah haji saat ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan di dalam pembiayaaanya. Jika dulu harus membayar secara kontan, tetapi tidak perlu antri. Sekarang jauh lebih mudah, hanya dengan uang Rp 5000.000 sudah bisa mendapatkan porsi haji. Hanya saja, antrinya cukup lama, bisa 9-11 tahun lamanya. Ini tidak lepas dari banyaknya bank Negara dan swasta yang ikut serta memberikan dana talangan haji. Dengan adanya talangan itu pula, antrean semakin panjang dan tidak terkendali.

Kondisi seperti ini, sangat memprihatinkan bagi orang yang tidak mampu sama sekali, di sisi lain sangat menguntungkan bagi orang yang berkecukupan. Istilah ‘’siapa cepat pasti dapat’’. Begitulah ungkapan yang tepat bagi setiap orang yang ingin menunaikan ibadah haji. Tidaklah berlebihan jika umat islam berlomba-lomba mendaftarkan haji, karena takut kedahuluan pati (wafat). Ada juga yang bilang:’’ saya sudah tua….lebih baik umrah saja, karena haji menunggu terlalu lama. Belum tentu…usia saya sampai…!

Terlepas dari menunggu antrean yang begitu lama. Nabi Saw menganjurkan agar supaya menyegarakan haji, walaupun hanya sekedar menabung atau menuggunakan dana talangan haji/ Jangalah menunda daftar haji, karena manusia tidak tahu kapan ia kembali kehadirat Ilahi. Baik haji reguler (pemerintah) maupun khusus, segeralah mendaftarkan diri. Apalagu, jika sudah mencukupi materinya, hendaknya segera daftarkan diri, jika masih belum mencukupi, hendaknya segera menabung. Jika benar-benar belum mampu, tekadkan niat, dengan banyak bermunajat kepada Allah Swt setiap saat, semoga Allah Swt mengabulkan dan memberikan kemudahan menuju kota suci Makkah dan Madinah.

Nabi Saw menganjurkan kepada setiap pengikutnya supaya segera melakukan kebaikan, dan tidak diperkenankan menunda-nuda kebaikan. Kondisi antri seperti ini, dimana setiap hari ribuan calon haji dari pelosok tanah air mendaftarkan diri. Menunggu sehari saja, kadang sudah masuk antrean tahun berikutnya. Contohnya, dalam minggu ini, kuota haji plus masuk tahun 2016. Jadi, siapa yang mendaftarkan diri pada bulan ini, akan berangkat pada tahun 2016. Kecuali pengajuan pemerintah Indonesia dengan meminta tambahan kuota dipenuhi.

Jika permintaan tambahan kuota berhasil, maka 30.000 jamaah haji akan masuk pada tahun 2012 sesuai dengan nomer urut. Kecuali usianya sudah lansia. Para lansia mendapatkan perlakuan khusus dari pemerintah, yaitu diperbolehkan berangkat terlebih dahulu, tidak perlu antri. Para lansia yang masuk diprioritas ialah usia 90-an, jika tidak ditemukan, selanjutnya lansia  usia 80-85-an.

Terlepas dari antrean…..setiap umat islam hendaknya segera mendaftarkan diri untuk menunaikan ibadah haji, atau minimal memiliki tabungan haji. Dengan demikian, sudah gugur kewajiban. Sebagaimana banyak keterangan hadis, dan pendapat ulama’ bahwa orang yang sudah daftar haji, tetapi belum sempat berangkat, karena antrinya masih panjang. Kelak Allah Swt akan membangkitkan orang tersebut dalam kondisi talbiyah dengan mengenakan kain ihram. Sekali lagi, jangan menunda ibadah haji. Wallahu A’lam

 

3 Responses so far.

  1. Star says:

    Is that really all there is to it because that’d be falbbeargsting.

  2. I simply want to mention I’m newbie to blogging and actually savored you’re blog. More than likely I’m planning to bookmark your site . You really come with fabulous stories. Many thanks for sharing your web site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook