Posted by admin On April - 14 - 2013 2 Comments

BANNERIbadah haji memiliki daya tarik tersendiri bagi umat islam Indonesia, bahkan umat islam diseluruh dunia. Buktinya, antrean haji semakin panjang dan melelahkan, baik haji khusus maupun pemerintah (reguler). Kuota haji khusus misalnya, untuk tahun 2017 sudah terpenuhi, begitu juga kuota haji reguler untuk 2027 sudah closed. Artinya, setiap biro perjalanan haji tidak bisa menjanjikan atau menjual paket hajinya kepada setiap calon untuk berangkat tahun 20116-2017. Walaupun bisa membayar lunas, tetap saja tidak biasa berangkat.  Sebab system pendaftaran haji khusus sama persis dengan haji reguler yaitu menggunakan antrean. Kendati demikian, ternyata masih saja banyak yang menjanjikan bisa berangkat pada tahun 2013, 2014, 2014, dengan alasan bermacam-macam. Padahal, nyata-nyata sudah tidak mungkin lagi.

Dalam ketentuan pemerintah, paket haji khusus itu tidak diperbolehkan dibawah Rp 50.000.000, walaupun dengan menggunakan istilah semi plus. Jika ada orang menawarkan keberangkatan haji tahun 2013 atau 2014 dengan istilah semi plus, atau dengan harga murah 30.000.000, itu tidak mungkin terjadi.

Setiap tahun banyak jamaah haji plus Indonesia tertipu biro-biro perjalanan haji dengan menjual paket murah dan berangkat lebih cepat tanpa antre terlebih dahulu. Oleh karena itu, hendaknya setiap calon jamaah haji harus berhati-hati di dalam memilih biro perjalanan Haji dan Umrah. Dalam dunia jual beli ada istilah jawa’’ onok rupo onok rego, artinya ‘’ barang yang di jual, pasti sesuai dengan harganya. Gunakan logika ekonomi di dalam menentukan sebuah travel haji dan umrah. Mungkinkah berangkat haji plus dengan membawar 30.000.000? sementara haji reguler hanya Rp 33.000.000.

Jangan kemudian di anggap murah, kemudian lansung mendaftarkan diri untuk segera berangkat haji. Yang demkian ini akan membahayakan diri. Bisa jadi uang yang sudah masuk akan masuk kantong penipu. Hasilnya, tidak bisa berangkat haji. Ketika uangnya diminta ngak bisa kembali, dengan alasan sudah dipergunakan.

Jangan tergoda dengan Iklan, semisal; daftar sekarang berangkat tahun depan (2013-2014). Jika ada iklan yang demikian, itu sesungguhnya iklan yang menyesatkan. Namanya saja iklan, tujuannya untuk menarik pelanggan. Mungkin ada benarnya juga iklan itu, karena yang dijual bukanlah kuota haji resmi, tetapi non kuota.

Setiap tahun, jumlah jamaah haji non kuota selalu menyisakan masalah yang menyesakkan dada. Banyak sekali calon haji yang tidak berangkat padahal sudah membayar lunas. Dan yang sudah berangkat-pun, sesampai Jeddah kleleran, karena tidak ada biro yang mengelola dan tidak ada yang bertanggung jawab selama di Jeddah. Yang lebih menyedihkan, ada juga yang berangkat, tetapi hanya sampai di Malaysia dan Jeddah, dikembalikan lagi ke Indonesia. tidak bisa sampai di Makkah, haji non kuota di anggab illegal.

Jika daftar pada tahun 2013, kemungkinan besar masih bisa masuk pada tahun 2027-202, ini antrean haji reguler. Sedangkan untuk kuota haji khusus, daftar 2013, akan berangkat tahun 2017-2018. Tetapi, jika pemerintah Arab Saudi menambah kuota hajinya pada tahun 2013 cukupsignifikan, tidak menutup kemungkinan porsi tahun 2014 akan ikut maju, begitu seterusnya. Berdasarkan penjelasan para ulama, sebagaimana keterangan Abdul Adzim Irsad dalam buku HAJI: Memenuhi Panggilan Ilahi ke Tanah Suci, orang islam tidak diperkenankan menunda niatan hajinya, jika sudah mampu. Menunda Haji itu sama dengan mempersulit diri sendiri, apalagi Allah SWT sudah memberikan rejeki yang cukup. Jika sudah berniat, segeralah memilih biro perjalanan haji yang bonafid dan professional. Pastikan biro itu memiliki ijin haji dan umrah, bukan biro perjalanan bodong yang menerima pendaftaran haji, tetapi kemudian di jual ketempat lain.

.

 

2 Responses so far.

  1. bagaimana caranya untuk mengetahui kapan keberangkatan haji seseorang calon jemaah haji kami daftar tahun 2013 dan kapan bisa berangkat


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook