Posted by admin On September - 5 - 2013 0 Comment

doa di MinaKuota haji Indonesia semakin setiap tahun semakin bertambah, karena jumlah peminat haji semakin banyak dan tak terbendung lagi. Tetapi, sayang seribu sayang, pemerintah Arab Saudi membatasi kuota haji Indonesia. Dengan alasan, karena kondisi tanah suci Makkah dalam renovasi besar-besaran. Baru tahun 2016, akan diberikan tambahan kuota lagi untuk jamaah haji asal Indonesia.

Menurut hitung-hitungan, jumlah kuota haji Indonesia sekitar 200-ribu lebih. Dengan perincian jumlah 17.000 jamaah haji khusus dan dan selebihnya kuota untuk reguler. Biasanya, setiap tahun jumlah itu selalu ditambah minimal 3000 jemaah, maksimal 6000, bahkan lebih. Karena besarnya animo masyarakat Indonesia menunaikan ibadah haji, kuota 17000 untuk setiap tahunya. Dengan adanya renovasi Masjidilharam, mulai tahun 2013 kuota haji Indonesia berkurang 20%. Jadi, diperkirakan jumlah jamaah haji tahun ini (2013) tidak sebanyak tahun-tahun lalu.

Dengan demikian, cukup banyal calon jamaah haji yang tidak berangkat tahun ini, karena kebijakan pemerintah Arab Saudi mengurangi kuota haji untuk seluruh negara, termasuk Indonesia.

Banyaknya peminat haji Indonesia, membuat antrean makin panjang, sehingga kuota haji 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021,2022 sudah terpenuhi.  Jika ada yang daftar haji untuk tahun 2013, maka harus ihlas berangkat tahun 2027.

Menurut beberapa penggeola biro perjalanan haji dan umrah, setiap hari jumlah pendaftar haji khusus,  kurang lebih 150 jemaah hingga 200 bahkan lebih. Berarti, kuota haji 2015 yang tersedia sudah penuh. Oleh karena itu bagi setiap orang yang ingin haji, jangan menunda pendaftaran haji, karena semakin lama menunda, akan semakin jauh antreannya.

Sebagaimana pesan Nabi Saw:’’ ketika memasuki waktu pagi, janganlah kalian menunggu waktu sore, ketika sudah memasuki waktu sore, maka jangan menunggu waktu pagi’’.

Artinya, keinginan yang baik itu janganlah ditunda, karena sesungguhnya menunda perkara baik itu kurang bagus menurut ajaran agama. Contohnya pergi haji, ketika diberi kesempatan waktu, rejeki, jangan menunda-nunda, karena manusia tidak tahu apa esok hari masih ada kesempatan lagi?

Yang paling penting saat ini ialah, agar supaya setiap calon Jemaah haji segera mendaftarkan diri ke biro perjalanan haji yang benar-benar bonavid dan professional. Jika salah memilih biro perjalanan, maka akan berdampak kembali pada calon jamaah itu sendiri. Masalah antrean, ditunggu saja, sebab orang yang sudah mendaftarkan haji dan sudah mendapat nomer porsi, sudah termasuk di catat menjadi jamaah haji oleh Allah Swt

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan pihaknya sudah mengusulkan penambahan kuota haji Indonesia untuk tahun depan menjadi 180 persen.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook