Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 26 - 2013 0 Comment
N

aik haji tidak harus kaya, karena panggilan haji itu untuk semua umat islam. Hanya saja, Nabi SAW menyaratkan harus mampu secara vinansial dan juga pengetahuan agamanya mencukupi. Bukan berarti, para kuli (manol) tidak sah hajinya. Kadang haji mereka benar-benar besih niatnya, sehingga Allah SWT memberikan gelar kepada mereka dengan haji Mabur.

Bagi orang yang tidak sabar menunggu antrean haji yang begitu panjang. Kemudian mereka juga tidak terlalu memiliki finansial yang cukup. Mereka nekat mendaftarkan diri menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Arab Saudi. Makkah menjadi tempat tujuannya, dengan harapan pada musim haji bisa menunaikan ibadah haji. Makanya, tidak aneh banyak ditemukan para pekerja di Masjidilharam ternyata orang Indonesia.

Cara yang demikian sangat hemat  dan menjanjikan. Keuntungan yang mereka dapatkan adalah, bisa sholat berjamaah di Masjidilharam setiap lima waktu. Sewaktu-waktu bisa menunaikan ibadamakkahh umrah. Dan, pada musim haji bisa menunaikan ibadah haji. Karena statusnya sebagai pekerja (TKI), mereka mendapatkan gaji yang bervariasi. Begitulah cara sebagian tenaga kerja untuk mensiasati agar tidak telalu lama menanti antrean haji yang begitu panjang.

Sedangkan bagi TKW (Tenaga Kerja Wanita), setiap musim haji biasanya juragan (kafil), memberikan ijin untuk menunaikan ibadah haji. Walapun cukup banyak TKW yang tidak diperkenakan ibadah haji. Di Arab Saudi, terdapat komunitas TKI yang memberikan layanan untuk melaksanakan ibadah haji.

Allah SWT tidak pernah membedakan latar belakang tamu-tamu yang memenuhi panggilan-Nya. TKI kadang lebih mulia di sisi Allah SWT dari pada seorang dosen, dokter, ustad, pejabat dan konglomerat. Kualitas haji seseorang tidak ditentukan oleh status sosialnya, tetapi ditentukan oleh kebersaihan bekal (biaya), serta beningnya hati dan fikiranya. Rosulullah SWT menuturkan:” tidak ada yang pantas balasan bagi haji mabur, kecuali surga”. Tanda haji maburu ialah, prilaku dan tuturnya lebih baik dari sebelumnya.

 

 

 


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook