Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 17 - 2013 0 Comment

Muslim PapuaNabi SAW telah tiada, dan sudah wafat sekitar seribu duaratusan tahun yang lalu. Tidak semua orang mengenal Rosulullah SAW. Sebaliknya, Rosulullah mengenal setiap umatnya yang bersaksi bahwa tidak tuhan selain Allah SWT dan Muhammad adalah utusan Allah SWT. Ajaran Rosulullah SAW menembus ruang dan waktu, tidak hanya manusia, Jin-pun juga mengakui ke-nabian Muhammad SAW.

            Allah SWT maha bijaksana, orang-orang yang tidak pernah mengenal Nabi SAW, kemudian wafat meninggalkan dunia fana ini, kelak mereka tidak akan di adzab oleh Allah SWT. QS AL-Isra’(17:15) yang artinya:’’Dan Kami tidak akan meng’azab sebelum Kami mengutus seorang rasul. Orang-orang yang hidup sebelum Nabi SAW, termasuk ayah kandungnya, atau orang-orang yang hidup setelah Nabi SAW jika tidak pernah mengenal Rosulullah SAW, kelak tidak akan di adzab.

Seiring dengan perkembangan waktu dan jaman, dimana dunia sudah menjadi satu. Setiap orang bisa dengan mudah mengenal Muhammad SAW sang utusan Allah SWT melalui media tv, internet, Koran dan majalah. Ternyata, media itu memberikan keuntungan, banyak sudah orang yang membenci Muhamamd SAW, ahirnya memuji dan mengikuti ajaran yang dibawa oleh Rosulullah SAW. Semkain dibenci, Muhammad SAW semakin melekat dihati dan ahirnya cinta dan setia kepada Rosulullah SAW. Ini bukti bukan sekedar iklan.

Derasnya informasi seputar keteladanan Rosulullah SAW, membuat sebagian orang semakin membencinya, mereka khawatir kharisma Rosulullah SAW yang begiru indah dan menyejukkan mampu merubah keyakinan banyak orang dengan singkat. Tidaklah aneh jika kemudian, segala usaha dilakukan untuk membangun citra negative Muhammad Rosulullah SAW. Sungguh aneh memang Muhammad SAW, semakin dicaci, semakin banyak yang mencintai dan membelanya sampai mati.

Haji dan umrah salah satu wasilah (cara) mengenal lebih dekat pribadi Rosulullah SAW. Jeja-jekak beliau selama berjuang di Makkah dan Madinah bisa ditelusuri dengan mudah. Jika ratusan tahun yang lalu, berita kenabian Muhammad SAW disampaikan melalui kisah dan cerita-ceritah hikmah yang bersumber dari Al-Quran dan hadis Nabi SAW. Saat ini, jejak-jejak beliau bisa dengan mudah ditelusuri melalui perjalanan haji dan umrah. Keberadaan Makam (kuuran) Rosulullah SAW menjadi bukti nyata, bahwa Nabi SAW itu ada dan mengajarkan kebenaran, kedamaian, keadilan.

Bagi penduduk Madinah dan Makkah, keberadaan Makam Nabi SAW tidaklah aneh, bahkan di anggab bidah atau syirik bagi orang yang menziarahinya. Tetapi, bagi masyarakat nusantara, seperti; Kalimantan, Jawa, Madura, Papua, Sumatra, ziarah ke Makkah dan Madinah mengingatkan kepada sosok manusia agung yang mengajarkan nilai-nilai ajaran agama yang bersumber dari Allah SWT. Menyebut dan mengingat nama Muhammad SAW bisa mengetarkan jiwa, mengambarkan betapa mulya Muhammad SAW.

Di Papua, bagian dari nusantara yang berada di ujuang timur, Muhammad SAW belum begitu populer bagi mereka. Mereka baru saja mengenal islam. Tetapi, mereka lebih berungtung dari orang-orang sebelumnya. Pimpinan suku-suku, bisa datang langsung ke kota suci Makkah dan Madinah untuk menunaikan ibadah haji dan umrah, sekaligus menyapa Rosulullah SAW. Barau-baru ini, ada sekitar  130 kepala suku dari Nuu suku Waar di FAKFAK akan menunaikan ibadah haji dan umrah.

Berdasarkan informasi dari republika, dikatakan:’’Kepala-kepala suku dari berbagai kabupaten, baik Papua maupun Papua Barat (Nuu Waar) ini akan berangkat secara bertahap,” jelas Ustaz Fadzlan Gharamatan kepada Republika  Selasa (9/4). Di jaman sebelum Islam, Nabi SW juga menaklukkan para kepala suku. Ketika kepala suku memeluk islam, maka dengan mudah anak buahnya memeluk islam sebagai agamanya. Tidaklah berlebihan jika kemudian hari, cahaya islam akan bersinar dari negeri Papua. Tidak ada yang tak mungkin jika Allah SWT menghendakinya. Nabi SAW sipa menyapa setiap salam yang terucap dari lisan-lisan Muslim Papua. Semoga travel yang memberangkatkan benar-benar ikut serta menyebarkan akidah Rosulullah SAW dengan penuh kedamaian.Haji Papua

 


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook