Posted by admin On September - 14 - 2012 1 Comment

KH Kholil Bangkalan memiliki banyak kisah menarik, unik yang langka dalam catatan sejarah. Hampir semua ulama dan kyai nusantara tidak ada yang tidak mengenalnya. Karena begitu banyak keramat yang dimilikinya, sampai-sampai beliau terkenal dengan wali (kekasih Allah Swt). Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh KH Kholil, bukan begitu saja terjadi, keramat itu muncul karena memang beliau sangat tekun beribadah, tirakat, dan memulyakan guru-gurnya, sejak beliau menjadi santri Kyai Noer di Tuban-Langitan, Banyuwangi, sampai di tanah suci Makkah.

Memulyakan dan menghormati orang dan sang guru, bagi Kyai Kholil wajib hukumnya. Apapun akan dilakukan demi seorang guru. Wajar jika kemudian beliau memiliki kemulyaan yang tidak pernah dimiliki orang lain. Bukan hanya tekun tirakat, beliau juga mendalami ilmu nahwu (tata bahasa Arab) dengan baik dan sempurna. Ini terlihat dari kitab-kitab nahwu peninggalan beliau, dimana banyak catatan-catatan di pingiran kitab beliau selama belajar di tanah suci Makkah. Konon beliau juga memiliki karya ilmiyah terkait dengan filsafat kitab Alfiyah Ibn Malik.

KH Kholil Bangkalan

Beliau memiliki keramat terkait dengan ilmu nahwu. Suatu ketika datang seorang lelaki  menghadap KH Kholil, dimana lelaki yang sering kemalingan (kecurian) dirumahnya. Lelaki itu mengeluh kepada Syekh Kholil seputar masalah yang dihadapinya. Tidak lama kemudian, KH Kholil memberikan lipatan kertas yang sudah ditulisi mantra di dalamnya. KH Kholil berpesan kepada lelaki tersebuat seraya mengatakan:’’ tolong…lipatan kertas ini diletakkan (dipaku) di atas pintu’’. Lelaki itu menjawab:’’enggih….! Kemudian lelaki itu pamitan, bersalaman, lalu bergegas pulang. Sesamapi dirumah, lelaki itu langsung mengambil hamer (palu), dan paku. Dengan memabca bismillah, kertas itu diletakkan di atas pintu.

Menjelang malam tiba, maling yang biasanya mencuri mendatangi kediaman lelaki itu. Ternyata, lipatan kertas yang di paku di atas pintu memiliki kekuatan tersendiri. Ketika pencuri itu membuka pintu, tiba-tiba kakinya kaku. Pencuri itu terpaku dipintu, ia tidak bisa masuk rumah, juga tidak bisa keluar lagi. Pencuri itu berdiri tegak mulai malam hingga menjelang subuh. Dengan begitu, pencurinya tertangkap dan ketahuan identitasnya.

Pemilik rumah itu benar-benar heran bukan kepalang. Betapa tidak….!, lipatan kertas yang di paku di atas pintu memiliki kekuatan luar biasa, lelaki itu bertanya-tanya dalam hatinya….(kok bisa….? Tidak masuk akal.. Karena penasaran, ahirnya lelaki itu mengambil lipatan kertas tersebut dan membukanya, sekedar ingin tahu, apa yang ditulis oleh KH Kholil Bangkalan.

Setelah dibuka, lelaki itu yang sedikit mengerti bahasa Arab semakin terkejut. Sebab, lipatan itu bertulisan “’??? ???? ‘’ yang artinya ‘’seorang lelaki berdiri’’. Dalam bahasa Arab, susunan kalimat tersebut terdiri dari Mubtada dan Khobar. Tulisan itu sebenarnya biasa-biasa saja. Namun yang membuat tulisan memiliki makna dan kekuatan. Karena yang menulis bukan orang sembarangan, yaitu sosok ulama’ yang rajin dan tekun beribadah, patuh terhadap guru, serta rajin mengabdikan diri kepada Allah Swt, yang terkenal dengan ke-walian.

Tulisan atau do’a yang dibaca oleh yang rajin beribadah, dan bersih lahir batinnya tentu saja akan memiliki keramat, jika dibandingkan dengan doa dan tulisan orang biasa. Bacaan surat Al-fatihah yang dibaca oleh orang awam, kualitasnya akan berbeda dengan bacaan Alfatihah yang dibaca oleh Ulama’. Imam Bukhori saja misalnya, ketika akan menulis hadis dalam kitabnya, beliau selalu mandi dan bersuci, serta sholat dua rakaat. Dengan harapan, tulisan tersebuat memberikan manfaat kepada orang banyak. Begitu juga Imam Malik ra, penulis kitab Al-Muwatto’ selalu bersuci dan berhiasa diri sebelum membaca hadis Nabi Muhamamd Saw.

 

 

 

 

 

One Response so far.

  1. Dean Lenoci says:

    I just want to say I am newbie to blogging and honestly loved your blog site. Almost certainly I’m want to bookmark your blog post . You absolutely have superb article content. Cheers for sharing your website page.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook