Posted by Abdul Adzim Irsad On Maret - 24 - 2012 1 Comment

Umrah sekarang lebih mahal dari pada tahun-tahun sebelumnya, itu sudah sesuatu yang pasti. Tetapi, seringkali mahalnya biasa umrah tahun ini (2012), dikaitkan dengan naiknya harga BBM. Yang paling jelas, naiknya biaya umrah sekarang (2012),  karena ada beberapa factor, seperti; Hotelnya bintang lima, (Hilton, Intercontinental, Elaf Kindah, Movenpick). Jika empat hotel tersebut digunakan sebagai akomodasinya, tentu saja lebih mahal. Jika yang pergunakan nginap (hotelnya) jaraknya 500 bahkan lebih jauh, tentu saja lebih murah. Kadang, walaupun jaraknya jauh tetap saja biayanya mahal, karena usaha umrah itu benar-benar mengedepankan keuntungan materi. Ada juga biro yang nakal, seperti mencantumkan di dalam brosurnya hotel bintang lima (Hilton, Movenpick), ternyata sesampai di Makkah tinggal di Tower Hilton, bahkan di daerah Misfalah yang yang notebene bukan bintang lima, tetapi bintang tujuh (obat pusing kepala).

Hotel yang disebutkan di atas memang hotel bintang lima dengan pelayanan memuaskan serta jarak yang amat dekat dengan Masjidilharam. Keluar dari hotel, sudah masuk pelataran Masjidilharam. Banyak hotel bagus dan jauh tetapi bukan bintang lima. Biasanya, biro perjalanan yang tidak bonafid seringkali menipu calon jamaah dengan menggunakan hotel mewah  sebagai mascot di dalam gambar untuk mengelabui calon jamaah Umrah. Dengan harapan, jamaah tertarik dan ikut pada biro perjalanannya.

Selanjutnya, yang membuat harga sedikit tinggi disebabkan karena transportasinya menggunakan Garuda Air Line, Saudi Air Line, Singgapura Air Line, Emirat. Tetapi, tentu saja Garuda dan Saudi lebih nyaman untuk dipergunakan perjalanan, karena memang kedua pesawat ini di dalam perjalanan menuju tanah suci tidak transit. Sedangkan pesawat yang lain, biasanya transit di negaranya masing-masing dengan waktu yang tidak pasti. Ada yang transitnya sampai 2 jam, ada juga yang transitnya hingga 10 jam. Sunggguh melelahkan, apalagi calon jamaah umrah usianya sudah setenggah tua (50-60 an).

Kenaikan biaya Umrah yang disebabkan oleh transportasi dan akomodasi sudah lumrah. Yang menyebabkan naiknya biaya umrah tahun ini secara mendasar ialah, banyaknya hotel-hotel yang dihancurkan untuk pelebaran Masjidilharam. Banyaknya tempat-tempat belanja di hancurkan, para penggelola hotel dan apartemen menaikkan harganya. Khususnya hotel dan penginapan yang dekat dengan Masjidilharam. Pusat-pusat perdagangan yang berada di arah utara termasuk dihancurkan untuk pelebaran masjidilharam. Ada sekitar 150 pusat ekonomi ikut serta terkena imbasnya, seperti; Al-Nako. Al-Rikubah, Al-Halkoh. Di Ghozah (pasar seng), ada sekitar 90 tempat usaha perdagangan juga di hancurkan.

Perluasan seperti ini menjadikan harga hotel dan pengginapan yang dekat dengan Masjidilharam melambung tinggi. Jadi, jika sebuah travel menggunakan akomodasi bintang lima yang dekat dengan Masjidilharam harganya lebih tinggi. Biasanya, travel yang menggunakan hotel bintang lima, traveltravel yang menjual paketnya agak sedikit mahal, dengan catatan pelayanan transportasi, akomodasi, serta konsumsi benar-benar memuaskan. Dengan demikian, ibadah semakin tenang dan istikomah selama di Makkah dan Madinah, dan pulang dari Makkah muka selalu tersenyum ceria, karena umrahnya diterima dan puas.

One Response so far.

  1. Brice Bardoner mengatakan:

    I simply want to say I’m beginner to blogging and seriously savored your blog. Very likely I’m want to bookmark your blog . You amazingly come with amazing posts. Thanks a lot for revealing your web site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook