Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 25 - 2016 0 Comment

Warisan Intelektual Nusantara di Tanah HaramRosulullah SAW menikah dengan Khodijah ra, beliau berusia 25 tahun. Sementara Khodijah ra, seorang janda dua kali dan usianya sudah memasuki 40 tahun. Maka, perbedaan usianya sekitar 15 tahun. Sungguh, perbedaan usia yang sangat menonjol. Tetapi, bagi Nabi SAW tidak mengurangi keharmonisan pernikahanya.

Pernikahan antara Rosulullah SAW dan Nabi Muhammad melahirkan beberapa anak, di antaranya; Zainab, Ruqoyyah, Umi Kulsum dan Fatimah Al-Zahra’. Mereka adalah putri-putri dari Khodijah ra.  Salah satu hikmah , kenapa  Nabi Muhammad SAW tidak memiliki keturunan laki-laki, karena Allah SWT menjaga Rosulullah SAW. Bahwa, setelah Rosulullah SAW wafat,  model kepemimpinan itu tidak melalui warisan kepada anak-anaknya, sebagaimana ke-Kholifahan Abbasiyah, Umawiyah, dan Otsmaniyah yang cenderung pada monarki mutlaq dengan menggunakan istilah “Kholifah”. Rosulullah SAW mengajarkan bahwa pemilihan seorang pemimpin itu bukan keturunan, tetapi secara demokratis atas dasar (musyawarah sepakat) dengan nilai-nilai agama yang disepakati bersama.

Pada usia 40 tahun Rosulullah SAW mendapatkan wahyu dan di angakat menjadi utusan Allah SWT (Rosulullah). Khodijah ra, menemani dan memberikan segalanya untuk suaminya. Harta dan jiwanya dipertaruhkan untuk perjuangan Rosulullah SAW. Barangkali, tidak wanita yang pengorbanannya lebih besar melebihi Khodijah ra. Pantaslah jika kemudian Khodijah mendapatkan jaminan surga Allah SWT.

Ketika  Rosulullah SAW memasuki usia 50 Khodijah ra wafat. Berarti Rosulullah SAW didampingi Khodijah di dalam dakwah kurang lebih 25 tahun. Begitu lama Nabi SAW hidup bersama Khodijah ra, dan keduanya sepasang suami istri yang perbedaan usianya begitu panjang tidak pernah ada masalah. Dengan demikian, pernikahan yang sangat pas itu monogamy, sebagaimana Rosulullah SAW bersama Khodijah ra. Sementara, Poligami itu menjadi alternative bagi suami yang benar-benar ingin dakwah atau menolong kaun wanita yang lemah melalu nikah poligami.

Ketika Rosulullah SAW ditinggal wafat Khodijah, usia beliau SAW diperkirakan sudah memasuki 50 tahun. Nabi SAW tidak segera menikah, walaupun banyak wanita yang siap sedia menjadi pendamping hidupnya. Bagi Rosulullah SAW menikah itu bukan hanya urusan ranjang, tetapi urusan dakwah dan masa depan perkembangan islam. Lagi pula, Nabi SAW belum bisa sepenuhnya melupakan kebaikan Khodijah, serta masa-masa indah bersama Khodijah ra.

Ketika Rosulullah SAW mendapatkan wahyu, Rosulullah SAW baru menentukan pendaping hidupnya.  Saat itu, usia Nabi Muhammad SAW sudah memasuki 51 tahun. Dengan demikian, Rosulullah SAW menduda itu diperkirakan sekitar setahun. Atas desakan sahabatnya, kemudian Nabi menikahi seorang wanita yang yang bernama Saudah binti Zamah yang usianya sudah 70 tahun. Disamping tua renta, Saudah itu memiliki anak yang lumayan banyak. Tujuan Nabi SAW menikahi Saudah itu karena ingin mengentaskan kemiskinan, bukan karena urusan birahi lho ya.!

Dalam sebuah keterangan hadis, yang bersumber dari iari Ibnu Abbas diceritakan bahwa Nabi SAW meminang Saudah yang sudah mempunyai lima anak atau enam anak yang masih kecil-kecil. Saudah berkata”Demi Allah, tidak ada hal yang dapat menghalangi diriku untuk menerima dirimu, sedang kau adalah sebaik-baik orang yang paling aku cintai. Tapi aku sangat memuliakanmu agar dapat menempatkan mereka, anak-anakku yang masih kecil, berada di sampingmu pagi dan malam”.

Selanjutnya, Rosulullah menikahi Aisyah ra yang usianya baru memasuki 9 tahun. Hanya saja, Nabi SAW baru berkumpul dengan Aisyah ra setelah hijrah di Madinah. Pernyataan ini bersumber pada hadis yang diriwayatkan Imam Bukhori. Sementara, Imam Al-Thabari sebagai pakar sejarah mengatakan bahwa Aisyah ra, kala itu berusia 19 tahun. Terlepas dari perbedaan pendapat antara pakar sejarah. Yang jelas, Rosulullah SAW saat berusia 52 tahun. Adapun tujuan utama poligami dengan Aisyah ra, karena ingin mendidik kaum wanita melalui seorang wanita yaitu Aisyah ra. Bukan karena semata-mata  birahi lho ya….

 


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook