Posted by Abdul Adzim Irsad On Maret - 31 - 2012 1 Comment

Beberapa hadis Nabi Saw memberikan penjelasan gamblang bahwa mikotnya ahli Madinah dan sekitarnya adalah Dzul Khulifah (Biir Ali). Sedangkan ahlu al-Syam (Syiria, Moroko, al-Jazair), dan al-Yaman adalah Yalamlam, dan bagi ahli Thoif adalah Qorn al-Manazil (Bukhori dan Muslim). Bagi mereka yang melewati masing-masing mikot yang disebutkan, wajib bagi mereka mengabil mikot darinya.

Mereka yang datang dari Asia tenggara adalah Yalamlam, seperti; Indonesia, Malaysia, Brunai, Filipina, Singgapura. Jika mereka menuju langsung menuju Makkah, secara otomatis akan melewati Yalamlam. Saudi Air Line, selalu memberikan informasi (pengumuman) bagi semua penumpang agar supaya mengenakan Ihram ketika memasuki kawasan Yalamlam (searah dengan mikot Yalamam). Agar memudahkan setiap orang yang berniat menunaikan umrah dan haji. Ini sangat menyulitkan bagi sebagian orang, oleh karena itu hendaknya hendaknya sudah mengenakan ihram sebelum naik pesawat. Ketika petugas menyampaikan bahwa pesawatnya memasuki area Yalamlam, segera niat.

Mikot yang disebutkan adalah ketentuan Nabi, oleh karena itu siapapun yang melewatinya, mesti ber-mikot dari tempat yang telah ditentukan oleh Nabi. Apabila memakai ihram sebelum mikot bukanlah suatu pelangaran, karena hal ini merupakan bentuk kehati-hatian agar tidak terjadi suatu pelanggaran. Sedangkan memakai ihram setelah melewati mikot adalah pelangaran (haram ) secara ijma’. Imam Ibnu Hajar al-Asqolani dalam kitabnya “Fathu al-Bari fi Sarah Sohihu al-Bukhori” meletakkan pada bab” fardu mawakiti al-Hajj wa Umrah” artinya “bab wajibnya mengambil mikot bagi jama’ah haji dan umrah”. Beliau menambahkan tidak diperkenankan mengenakan ihram sebelum memasuki mikot, madhab Imam Syafi’i dan Imam Abu hanifah membolehkanya .

One Response so far.

  1. Fletcher Krase mengatakan:

    I simply want to mention I am just very new to weblog and absolutely savored you’re web blog. Probably I’m planning to bookmark your blog . You amazingly come with excellent posts. Thanks a bunch for sharing your webpage.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook