Posted by Abdul Adzim Irsad On November - 17 - 2012 0 Comment

Selain Allah semua disebut dengan alam sesesta. Selain Allah SWT, disebut dengan mahluk dan bersifat fana’ (rusak) termasuk yang namanya ”BAHASA”.,Semua mahluk ciptaan-Nya, baik  yang menghuni bumi, udara, langit dan lautan, berhak mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT yang mahar (Al-Rahman).pekan Arabi

Allah SWT selalu mengutus utusan pada setiap kaum terdahlu. Terdapat 25 Nabi dan rosul telah diutus dengan membawa risalah-Nya kepada semua umat manusia dengan tujuan agar mereka senantiasa mengesakan-Nya, dan tudak menyukutukan-Nya. Selalu taat melakasankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Secara khusus, Allah SWT mengutus Nabi (Rosulullah SWT), yang dibekali dengan mu’jizat pada Alquran karim sebagai pedoman hidup. Yang menarik, kitab suci yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW menggunakan bahasa Arab. Dan, kebetulah bahasa yang digunakan orang Arab, khususnya Nabi Muhammad SAW adalah bahasa Arab. Dengan demikian, bahasa Arab semakin kuat dan sacral, karena Allah SWT sendiri yang menjadikan Alquran sebagai bahasa resmi-Nya. Dan orang islam tidak perlu khawatir, selama Alquran masih ada, selama itu pula eksistensi bahasa Arab tetap dijaga Allah SWT.

Andai saja, Allah SWT tidak menjadikan bahas Arab sebagai bahasa Alquan, pasti bahasa Arab itu sudah musnah dan mati. Untuk itulah, hingga kini dan hingga yang akan datang, bahasa Arab akan terus digunakan oleh banyak orang. Dan, mempelajari serta menjaga bahasa Arab sama dengan menjaga bahasa Allah SWT. Lihat saja, sudah ratusan tahun bahas Arab bersaing dengan bahasa lain, ternyata bahasa Arab tetap eksis dan tidak pernah mati. Sendangkan, bahasa-bahasa lain banyak yang mati dan tenggelam dimakan jaman.

Ada yang perlu digaris bawahi terkait dengan Alquran sebagai bahasa resmi Allah SWT. Ketika Allah SWT meresmikan dan menentukan Alquran dengan bahasa Arab, sekaligus bahasa pengguni surga. Maka Allah SWT sendiri yang menjamin keselamatan bahasa Arab tersebut. QS Al-Hajar (15:9). Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. Segala daya upaya dilakukan untuk merubah, merusak Alquran, dan sejauh ini Allah SWT tetap menjaganya dengan sempurna.

 

Sebagai seorang utusan Allah SWT, ternyata semua apa yang dilakukan Nabi SAW adalah kandungan dari nilai-nilai Alquran. Wajar sekali, ketika Aisyah ra ditanya tentang ahlaq dan budi pekerti Nabi SAW, kemudian Aisyah ra menjawab singkat:’’Khulukuhu Alquran” (ahlaqnya yaitu al-Qur’an). Jadi, semua pernyataan Nabi SAW, serta tingkah laku beliau SAW cermin dari wahyu Allah SAW yang mutlak kebenarannya.

Alqur’an adalah mu’jizat terbesar dalam sejarah peradapan dunia. Alqur’an telah menceritakan semua kejadian masa lalu (past), dan kemudian cerita itu dapat dibuktikan kebenarannya. Kisah tenggelamnya perahunya Nabi Nuh as, telah diceritakan dengan jelas. Ternyata, cerita itu menjadi daya tarik sendiri. Ahirnya, para ahli arkeologi berusaha mencari informamasi tersebut sebagaimana keterangan Alquran, dan ahirnya mereka menemukan. Barulah mereka percaya dan berkata, bahwa Alquran itu benar.

Terkait dengan kehidupan manusia, Alqur’an juga memberikan penjelasan gamblang. Mulai urusan individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara, serta segala yang terkait dengan alam semesta. Tidak satupun informasi yang disajikan Allah SWT di dalam Alquran terkait dengan manusia, kecuali benar adanya. Alquran bukan teory, tetapi berita nyata dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Nabi Muhammad adalah manusia sempurna, Nabi SAW diutus bukan hanya untuk umat islam, tetapi semua umat manusia bahkan jin dan semua mahluk hidup lainnya. Allah SAW sendiri yang menjelaskan demikian:’’ tidak kami utus kepada kalian, kecuali memberikan rahmat kepada Alam semesta’’. Nabi SAW adalah satu-satu utusan yang mempunyai kapasitas luar biasa, untuk itulah Allah SWT memberikan rekomendasi khusus agar beliau SAW kelak bisa memberikan safaat (pertolongan) kepada pengikutnya. Dengan catatan, ketika wafat, tidak menyukutukan Allah SWT.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook