Posted by Abdul Adzim Irsad On Agustus - 8 - 2012 2 Comments

I'TIKAFMasyarakat muslim Indonesia memiliki tradisi menarik ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Tarawih menjadi karakteristik umat islam yang menjalankan puasa bulan suci Ramahdan. Pada bulan suci Ramadhan masjid-masjid diseluruh pelosok nusantara dipenuhi jamaah sholat tarawih. Laki-laki, wanita, tua dan muda semua berbondong-bondong menunaikan sholat isa’ berjamaah, kemudian dilanjutkan sholat tarawih berjamaah. Ada yang memilih 20 rakaat+ 3 witir. Ada juga yang memilih paket cepat, 8 rakaat +3 witir. Ada yang guyonan, ketika seorang jamaah ditanya, kenapa memilih 8 rakaat dan 3 witir. Padahal di Makkah dan Madinah kan 20 rakaat dan 3 witir. Ia menjawab dengan santai:’’ saya mengikuti pendapatnya Jusuf Kala, yaitu ‘’makin cepat makin baik’’.

            Alhamdulillah, walaupun sedikit dan cepat, yang penting ikut meramaikan malam Ramadhan dengan tarawih. Barangkali mendapatkan pahala, sebagaimana yang disampaikan Nabi Saw:’’ barang siapa yang menjalankan sholat Qiyam Ramadhan, karena iman dan semata-mata mengharap rahmat-Nya, maka Allah Swt akan mengampuni dosa-dosanya’’. Seorang jamaah nyeletuk:’’Walaupun cepat, yang penting niatnya beribadah menghidupkan malam Ramadhan’’. Begitulan kondisi umum muslim Indonesia yang menyukai tarawih instan.

            Memang sudah bukan Rahasia lagi, masji-masjid di pelosok negeri ini 10 hari pertama bulan suci Ramadhan dipenuhi oleh jamaah. Sedangkan sepuluh hari kedua, jamaahnya mulai berdesak-desakan di pasar dan mal untuk membeli keperlukan hari raya. Sepuluh hari terahir, yang ramai pindah di terminal dan bandara, karena mereka akan mudik ketempat asalnya masing-masing. Sedangkan 10 hari usai Ramadhan, yang ramai tempat-tempat hiburan.

Bagi orang yang tahu dan memahami makna bulan suci Ramadhan. Ketika memasuki sepuluh hari terahir, justru semakin asik beribadah dan interkasi dengan tuhannya melalui sholat malam. Karena mereka yakin, bahwa  malam Lailatul Kodar pasti datang pada malam sepuluh terahir. Bagi orang tertentu, justru tidak pernah membedakan anatara Lailatul Kodar dengan hari-hari biasa. Dengan landasan Iman dan semata-mata mengharap rahmat-Nya, mereka istikomah di dalam menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Sepuluh hari terahir digunakan untuk I’tikaf di masjid. I’tikaf berarti’’ berdiam (tinggal) di atas sesuatu. Sedangkan orang yang berdiam diri itu disebut dengan ‘’Mu’takif’’. Dalam, literature kitab-kitab fikih, terdapat bab khusus ‘’I’tikaf’’. Artinya, seseorang berdiam diri di Masjid dalam rangka mendekat diri kepada Allah Swt dengan menegakkan ibadah di dalamnya sebagai hamba yang beri’tikaf. Adapapun waktunya bisa setiap saat, ketika memasuki masjid, dimana saja berada.

Namun, dalam kontek i’tikaf, sebagaimana telah di contohkan oleh Nabi Saw. Ternyata beliau Saw, ketika memasuki bulan suci Ramadhan, khususnya pada 10 terahir melakukan I’tikaf. Kendati Nabi Saw melakukan I’tikaf, bukan berarti kemudian wajibbagi pengikutnya. Sebab, bagi orang tertentu ada kewajiban yang lebih, seperti berkeja mencari nafkah untuk anak dan istrinya. Namun, jika memiliki waktu dan kesemapatan, ada baiknya mengikuti sunnah Nabi Saw (I’tikaf).

Dalam keadaan I’tikaf, hendaknya memperbanyak berdzikir kepada Allah Swt, sholat sunnah, membaca al-Qur’an. Sebab, amalan-amalan itulah yang bisa mendekat diri kepada Allah Swt, dan kelak akan menjadi bekal perjalanan Abadi. Jangan sampai, ketika sedang I’tikaf justru banyak ngobrol ngalor ngidul. Jika demikian, itu bukan I’tikaf tetapi cangkruan.

2 Responses so far.

  1. Hana mengatakan:

    kami akan mengumumkan bahwa nomor tebrseut sudah diklaim dan dengan otomatis periode berikutnya akan ditutup Silakan terus mengikuti perkembangannya di blog ini hingga periode 7

  2. Kitty Bede mengatakan:

    I just want to mention I am just all new to blogging and site-building and truly loved your blog. Probably I’m planning to bookmark your site . You surely have terrific articles and reviews. Thank you for sharing your blog site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook