Posted by Abdul Adzim Irsad On Agustus - 10 - 2012 1 Comment

Lailatul QodarSiapa yang tidak kenal dengan Imam Nawawi, ulama besar penulis kitab Syarah Muslim, Al-Majmu Syarah Al-Muhaddab. Secara Syeh Abdul Fattah Rowah, penulis kitab Syarah ’Al-Idoh Fi Manasiki al-Hajj’’ menceritakan biografi Syekh Imam Nawawi secara panjang lebar. Konon, ketika Syekh Nawawi masih kecil, tepat pada sepuluh terahir malam Romadhan. Tiba-tiba di kamarnya ada sinar yang sangat terang benerang. Kedua orangtuanya tidak menyadari, bahwa rumah malam itu adalah sepuluh terahir bulan Romadhan.

Kedua orangtua Imam Nawawi merupakan sosok yang tekun, rajin, di dalam menjalankan ajaran agama dan setia dengan ajaran Nabi Saw. Orang yang tekun tidak pernah membedakan antara Lailatul Qodar dengan malam-malam biasa. Mereka selalu memaksimalkan malam untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt tanpa pamrih. Orang yang demikianlah yang mendapatkan Lailatul Qodar, karena tidak pernah memburu, justru di buru oleh Lailatul Qodar.

Oleh karena itu, ketika  Lailatul Qodar, Sing Ayah bertanya kepada istrinya:’’ Bu….…kenapa rumah kita sangat terang sekali, sinar apakah yang masuk di rumah kita?. Ibu Nawawi menjawab singkat:’’ Saya tidak tahu, sinar apa yang masuk dirumah kita ini.

Setelah saling melempar pertanyaan, keduanya bingung mencari Nawawi.’’ Dimana Nawawi sekarang? anya Ibu.

Waktu itu Imam Nawawi sedang berbaring di kamaranya. Dan, ternyata, di kamar Imam Nawawi juga ikut terang benerang. Setelah ngobrol sejenak antara Ayahanda dan Ibunda Nawawi. Keduanya baru sadar, bahwa malam itu adalah Lailatul Qodar. Setelah kejadian itu, Ayahanda Nawawi mendatangai seorang ulama’ besar untuk berkonsultasi perihal yang terjadi pada dirinya dan keluarganya.

Sang Ulama’ mengatakan:’’ Itulah yang dinamakan berkah dari Lailatul Qodar’’. Sang ulama mengatakan:’’saya berpesan, jangan biarkan anakmu itu bermain-main dengan teman-temanya sembarangan. Karena anak ini kelak akan menjadi orang besar di jamannya’’. Penjelasan sang ulama’ menyejukkan hati dan pikiran orangtua Imam Nawawi.

Sejak itu, orangtua Imam Nawawi mengirimkan anaknya ke lembaga pendidikan yang bagus dan berkualitas. Petuah sang Ulama’ itu menjadikan motifasi tersendiri. Tidak lama kemudian, Imam Nawawi benar-benar mampu menyerap ilmu yang dipelajarinya dengan baik dan sempurna. Tanda-tanda itu sudah dapat diperlihatkan, kelebihan-kelebihannya juga mulai terlihat jelas. Usianya relative muda, tetapi beliau sudah mampu menghafal al-Qur’an dengan baik dan sempurna. Kemampuan hafalan begitu luar biasa, analisis hadis, serta mentelaahnya begitu cemerlang. Sehingga ahirnya beliau menjadi ulama’ besar penyambung lidah Lidah Nabi Saw.[1]

Masih menurut Syeh Abdul Fatah Rowah, kelebihan serta kemampuan yang dimiliki Imam Nawawi, salah satunya karena memperoleh Berkah Lailatul Qodar. Walaupun tidak dipungkiri, peranan kedua orangtuanya sangat besar di dalam mengarahkan dan mendidikanya, serta motifasi (do’a) sehingga tumbuh menjadi seorang ulama’ besar pada masanya.

Di sisi lain, kondisi intelektual dan perkembangan ilmu pengetahuan kala itu memang sangat bagus, serta menunjang setiap orang yang belajar ilmu agama dan pengetahuan. Banyak ulama-ulama besar yang ihlas mengabdikan diri pada ilmu agama, wajar jika kemudian Imam Nawawi benar-benar menguasai semua bidang ilmu agama dengan baik. Dalam madzhab imam Syafii, beliau juga bergelar (Imam Shaikohi)[2], karena kedalam ilmu dan spritulanya, dan ketekunan di dalam menjalankan perintah Allah Saw dan menjauhi larangan-Nya.

 

 



[1] . Abdul Fattah, Rowah, 2002.  Syarah Al-Idoh Fi Manasiki al-Hajj- Darul Basair al-Islamiyah-Beirut. Hal pertama.

[2] . Di dalam ilmu hadis terdapat sebuah istilah Al-Syaikhoni yang mengarah pada Imam Bukhori dan Muslim. Sedangkan di dalam istilah  ulama’ fikih Imam Syafii yang di maksud Syaikhoni ialah Imam Nawawi dan Imam Rofii.

One Response so far.

  1. Reginald Esponda mengatakan:

    I just want to tell you that I’m newbie to blogging and definitely enjoyed this web site. Probably I’m planning to bookmark your blog post . You surely have awesome writings. Kudos for revealing your web page.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook