Posted by Abdul Adzim Irsad On Februari - 4 - 2016 0 Comment

Kunci BaitullahTidak satupun dari jamaah haji dan umrah yang datang dari seluruh penjuru dunia, khususnya pelosok nusantara kecuali membawa dosa. Muslim yang baik itu selalu mengakui kesalahan dan dosa-dosa yang pernah dilakukan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Makkah, khususnya di pintu Baitullah SAW, biasanya menjadi tempat istimewa bagi jamaah haji dan umrah untuk mengakui dosa dan kesalahannya di hadapan Allah SWT.

Bahkan tidak sedikit, mereka yang berbuat maksiat selama di Makkah, atau sebelum berangkatnya. Namun, ternyata kebaikan (ibadah) yang dilakukan dengan tulus, semata-mata karena Allah bisa menghapus dosa-dosa. Allah SWT memang memang maha pengampun, dan pengampunan Allah SWT jauh kebih besar dari dosa-dosa manusia.

Di dalam sebuah hadis, ketika Amr Ibn al-Ash dan Kholid Ibn Walid mengungkapkan keinginanaya memeluk Islam. Keduanya mendatangi Rosulullah SAW, sementara itu Kholid Ibn Walid memakai cadar mendatangi Nabi SAW dengan mengatakan: bukalah tanganmu wahai Nabi, dan baiatlah kami. Maka Nabi SAW mengulurkan dan membuka tanganya. Amru Ibn Ash bergegas mengegamnya. Nabi-pun mengatakan:’’ ada apa denganmu wahai Amru? saya ingin minta sebuah syarat. Nabi menjawab;’’ syarat apa?. Amru menjawab lagi;’’ agar supaya dosa-dosaku terhapus. Maka Nabi menjawab:’’ tidakkah engaku tahu, bahwasanya islam itu menghapus dosa-dosa sebelumnya (sebelum memeluk islam), dan hijrah itu juga menghapus dosa-dosa sebelumnya, dan haji juga menghapus dosa-dosa sebelumnya’’ (H.R Muslim).

Semua amal ibadah yang disyariatkan Allah SWT kepada hamba-Nya merupakan penghapus dosa, seperti keterangan Nabi yang mengatakan bahwa sholat lima waktu itu merupakan penghapus dosa, bagaikan mandi setiap hari lima kali disungai yang bersih. Sudah pasti tidak ada satupun kotoran yang menempel pada tubuh manusia, begitu juga dengan sholat. Begitulah ibadah haji dan umrah, mampu menghapus dosa-dosa manusia, dengan catatan ibadahnya diterima Allah SWT.

 


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook