Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 16 - 2012 1 Comment

TertipuSetiap tahun ribuan calon jamaah haji gagal berangkat, padahal mereka sudah lunas. Berbagai alasan dikemukakan oleh biro perjalanan. Seperti visa tidak keluar, Saudi Arabia berbohong. Seribu jurus dikeluarkan untuk meyakinkan agar supaya calon jamaah haji tenang dan tidak menuntutnya. Padahal, alasan itu akal-akalan biro perjalanan haji yang memang tidak bisa meloloskan.

Masyarakat Indonesia masih banyak yang mudah ketipu. Janji manis seorang makelar haji, dengan membayar lunas bisa berangkat haji tahun 2012. Ternyata, memasuki hari H, tidak berangkat juga. Karena sudah tasyakuran mengundang tetangga dan kolega, ahirnya memutuskan diri mengurung diri dirumah hingga sebulan. Ada juga yang berangkat ke Jakarta, tetapi selama di Jakarta ngumpet dirumah saudara. Ada juga yang di Istiqlal dan tanag Abang, agar supya dianggap sudah menunaikan ibadah haji.

Beragam ekspresi yang dilakukan calon jamaah haji yang gagal berangkat. Informasi kegagalan itu tidak menyurutkan calon jamaah haji baru untuk daftar haji dengan cara tidak lazim, dengan membayar lunas dapat haji bisa berangkat tahun 2012, atau 2013. Padahal, realitasnya kuota haji reguler memasuki tahun 2020 (jawa Timur). Sedangkan haji plus, kuota tahun 2012,2013, 2014 sudah penuh juga. Trus mereka mau berangkat menggunakan Visa apa?

Memang ada visa non kuota. Tetapi, setiap tahun mereka banyak yang tidak berangkat. Ada juga yang bisa berangkat, tetapi tidak mendapatkan pelayanan serta tidak ada jaminan, bahkan tidak ada asuransinya. Jika terjadi apa-apa, tidak ada yang bertanggung jawab.

Oleh karena itu, masyarakat yang ngebet pingin berangkat haji, hendaknya daftar melalui jalur pemerintah, baik yang reguler maupun yang khusus. Jangan sampai menjadi korban mafia haji yang mengatasnamakan ibadah dan membantu jamaah. Jangan pula terlalu percaya dengan janji manis yang menawarkan ibadah haji dengan membayar lunas bisa berangkat tahun ini (2012). Seringkali jamaah haji menjadi komoditas orang-orang tertentu demi mendapatkan uang sebanyak-banyaknya. Wallau a’lam

One Response so far.

  1. Eulah Canzoneri mengatakan:

    I simply want to mention I am just all new to blogging and site-building and really loved you’re web-site. Likely I’m planning to bookmark your website . You amazingly have excellent article content. Thank you for sharing your webpage.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook