Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 18 - 2012 1 Comment

HajiSeorang santri dan mahasiswa perguruan negeri berangkat ke Makkah berkah membaca surat al-Fatiha. Sebut saja namanya Kasturi. Beliau seorang da’I terkenal di Kota Reog Ponorogo. Setelah merampungkan kuliah di IAIN yang sekarang menjadi (UIN Maliki). Kastur pulang ke kampong halaman untuk menebarkan ilmunya di masyarakat. Ilmu yang bermanfaat membuat hidunya menjadi bermartabat. Setiap hari silih berganti tetangga, kerabat, hingga pejabat mengundang ceramahnya. Ceramahnya enak, membuat perut sakit, karena lucu sekali.

Sudah lama Kasturi asal Ponorogo ingin berangkat ke tanah suci dengan cara tidak membayar alias gratis. Untuk mewujudkan impiannya, ahirnya beliau memberanikan diri bertanya kepada seorang Kawan yang telah menjadi Kyai di kota Malang.

Ahirnya pada suatu ketika, Kasturi menelpon rekan kuliyahnya yang saat ini menjadi ulama dan  kyai di kota Malang. ‘’Pak Kyai….pripun caranya saget berangkat ke Makkah dengan cepat tanpa membayar…? Tanya kasturi.

Dengan santai sang Kyai menjawab singkat:’’ kirim saja al-Fatihah kepada perintis baitullah….! Jawaban itu membuat Kasturi sedikit kaget. ‘’Maksudnya gimana Pak Kyai? Tanya Kasturi.

Sang Kyai menjelaskan:’’ Begini Kang….!Sampeyan kalu ingin segera berangkat Ke Makkah, banyak membaca surat al-Fatihah dan dikirmkan kepada Nabi Ibrahim as sang pendisi baitullah, insaAllah segera berangkat ke Makkah…! Mendengar jawab seperti ini, Kasturi merasa senang dan bahagia. Tanpa pikir panjang, setiap lepas sholat lima waktu, Kasturi selalu kirim bacaan al-fatihah kehadirat Nabi Ibrahim as. Tidak kenal waktu, usai sholat lima waktu langsung membaca surat al-Fatihah.

Lantas saya tanyakan kepada Kasturi:’’ sampeyan membaca surat Al-Fatihah untuk Nabi Ibrahim berapa bulan lamanya’’?

Kasturi menjelaskan:’’ Saya membaca surat Al-Fatihan tidak terhitung jumlah, dan waktunya kapan saja. Pokoknya, setelah usai sholat lima waktu saya langsung kirim bacaan surat al-Fatihah…!

‘’Terus berapa lama membaca surat Al-Fatihah? Tanyaku. Kasturi menjawab:’’ saya perkirakan sekitar tiga bulan berturut-turut…barus terasa hasilnya’’

Memasuki bulan ketiga dari mengamalkan bacaan surat Al-Fatihah, tiba-tiba pada malam hari ada tamu mengetuk pintu.

Tok…tok…tok….! Mendengar ada ketukan pintu dan ucapan salam, Kasturi segera keluar dan membuka pintunya.

Monggo… silahkan duduk.!Kasturi mempersilahkan tamunya. Maklumlah, setiap hari banyak tamu yang datang mengundang ceramah.

’Ada apa pak….? Tanya Kasturi singkat.

Tamu:’’ begini Pak Kyai….!saya ingin menikahkan putriku…!apa Pak Kyai berkenan menikahkan?

Kasturi :’’ Iya…dengan senang hati…!karena nikah menikahkan sudah menjadi pekerjaan Kasturi sebagai seorang Kyai dan Dai di Ponorogo. Kemudian Kasturi bertanya lagi:’’ Kapan harinya…? Sambil melihat tanggalan yang penuh yang telah ditandai….

Tamu:’’ Tetapi akad nikahnya tidak di Ponorogo Pak Kyai?

Kasturi:’’Trus dimana?

Tamu :’’ Di Makkah pak Kyai….

Mendengar ‘’MAKKAH” dada Kasturi sedikit berguncang, karena tempat itulah yang selama ini dirindukan. Dalam hatinya Kasturi berfikir:’’ Apakah ini jawaban Allah Swt, berkahnya bacaan Al-Fatihah yang istikomah selama tiga bulan’?

Setelah ngobrol panjang lebar, ternyata sang Tamu adalah Bupati Ponorogo yang akan menikahkan Putrinya di Makkah. Ahirnya, proses menuju ke Makkah di urus dengan mudah.

Ketika beliau menceritakan perjalanan menuju Makkah, Pak Kasturi benar-benar merasakan bahagia dengan wajah sumringah. Saya hanya bisa mengambil hikmahnya, ternyata tidak semua orang berangkat ketanah suci berbekal materi. Allah Swt telah memilihkan jalan menuju Makkah melalui ke-istikomahan membaca surat Al-Fatihah yang dikirmkan kepada Kakek Nabi Muhammad Saw sang pembangun Baitullah. Jika Allah Swt menghendaki, tidak ada yang sulit. Tetapi, semua itu tidak terjadi begitu saja, akan tetapi ada amalan-amalan istikomah yang dilakukan. Wallau a’lam.

 

 

One Response so far.

  1. Cedrick Mortin mengatakan:

    I just want to say I am just beginner to blogging and definitely enjoyed you’re blog. Most likely I’m planning to bookmark your blog post . You actually come with incredible posts. With thanks for sharing with us your web-site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook