Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 25 - 2012 4 Comments

Pintu BaitullahSudah menjadi kewajian Depertemen Agam RI mengajukan kuota tambahan untuk jamaah haji Indonesia setiap tahun. Dan, menjadi hak Indonesia, mengajukan tambahan kuota Haji kepada Pemerintah Arab Saudi, karena Indonesia termasuk satu-satunya Negara yang jumlah jamah hajinya terbesar di dunia. Sejak abad 16 (nusantara), termasuk penyumbang jamaah haji terbanyak. Bahkan, bahasa melaya (Indonesia), pernah menjadi bahasa kedua setelah bahasa Arab.

Banyak ulama-ulama besar Arab Saudi, ternyata keturunan nusantara. Biasanya, nama ahir ulama tersebut diahiri dengan ‘’Al-Bantani yang berarti Banten”’. Al-Turmusi berarti Termas Pacitan. Dan, masih banyak lagi ulama-ulama Makkah yang berdarah Nusantara. Mereka berawal dari naik haji, kemudian mukim dan menuntut ilmu di Makkah, hingga menjadi penduduk Makkah.

Jika dilihat dari sejarah, mestinya Indonesia paling banyak mendapatkan jatah tambahan kuoto haji. Dan Indonesia juga bisa juga mengelola jamaah hajinya sendiri di Makkah dan Madinah, sebagaimana ulama-ulama dahulu menjadi pembimbing ibadahnya.  Untuk itu, penambahan hanya 30 ribu, rasanya kurang banyak mengingat jumlah antrean cukup panjang. Apalagi di daerah Jawa Timur yang antreannya memasuki tahun 2021.

Pada tanggal (20/4/2014)  Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menegaskan pemerintah Indonesia mengusulkan penambahan kuota haji tahun ini kepada pemerintah Arab Saudi. Beliau kemudian mengatakan:’’Usulan penambahan kuota itu akan kami lakukan pada bulan Mei ini,” kata Suryadharma di kompleks Istana Presiden Jakarta, Jumat.

Menurut Menag dia akan langsung menyampaikan usulan pemerintah itu ketika melakukan kunjungan  ke menteri haji Kerajaan Arab Saudi. “Mudah-mudahan bisa dipenuhi,” kata Suryadharma.

Ditegaskan pemerintah Indonesia mengusulkan tambahan kuota haji sebesar 30 ribu. “Tapi biasanya hanya dipenuhi 10 ribu,” kata dia. Kendati demikian, Menag tidak putus asa. “Kami selalu meminta    lebih. Mengingat tingkat antrian haji yang  begitu panjang,” kata dia (http://www.tribunnews.com/2012/04/20/pemerintah-minta-tambahan-kuota-haji-30-ribu)

 

4 Responses so far.

  1. Ass.wr.wb.
    Segala puji bagi Alloh, swt.
    Saya terdaftar sebagai calhaj th 2012 ini dari Kabupaten Semarang bersama istri bernama Zulaechah. Mohon ijin mengajukan permohonan terkait dengan tugas saya mengikuti Kursus di Lemhannas RI angkatan 47, yg baru berakhir pada tgl 18 Oktober 2012. Untuk itu saya mengajukan permohonan untuk bisa diikuutkan dalam kloter-kloter terakhir, sangat berharap bisa berangkat setelah tgl 18 Oktober, sehingga tugas saya sudah dapat diselesaikan, sementara panggilan ke tanah suci juga bisa terlaksana.
    Besar harapan kami, permohonan ini dapat dikabulkan, terima kasih dan salam

    dari : Prof Dr. Sutejo K. Widodo dosen FIB Undip

  2. Ana mengatakan:

    Assalam, nampak best lah pergi ke kasaawn jama’ masjid ni. kami pergi ke india last march tapi tak berkesempatan untuk sampai betul2 di jama’ masjid ni. kami sempat melawat Fort, safdarjung tomb, india gate je semasa di N.Delhi. Naik pesawat apa tu ke N.delhi since Airasia dah tamat kan trip ke sana?

  3. Mckinley Helmen mengatakan:

    I just want to say I’m beginner to blogging and site-building and honestly enjoyed you’re web site. Most likely I’m going to bookmark your website . You amazingly come with fantastic writings. Regards for sharing with us your website.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook