Posted by Abdul Adzim Irsad On Agustus - 10 - 2012 1 Comment
Begini Haji Lansia

Menunggu Antrean

HAJI, banyak sekali umat islam di tanah air ini menunda ibadah haji, dengan alasan karena masih sibuk bekerja dan belum ada kesempatan. Padahal, ibadah itu semakin cepat semakin baik, karena menunaikan ibadah haji termasuk memenuhi panggilan Allah Swt. Terkait dengan Ibadah haji, banyak sekali umat islam Indonesia menunda ibadah yang satu ini dengan alasan kesibukan, belum cukup, dan arena usia masih muda. Kenapa Usia muda justru menjadi penghalang? Padahal Haji di usia muda sangat menyenangkan….!

Memang benar…!kesemapatan dan sehat dua kenikmatan yang banyak dilupakan oleh banyak orang. Nabi Saw pernah berpesan dalam sebuah hadisnya yang artinya:’’ dua nikmat yang banyak terlupakan, sehat dan sempat’’. Kenikmatan akan terasa, jika sudah dicabut. Sehat itu akan terasa jika pernah merasakan sakit. Madu terasa manis, ketika sudah pernah merasakan pahit. Haji akan terasa penting, ketika Allah Swt mencabut nikmat sehat dan sempat, serta jatuh melarat.

Penyesalan selalu di belakang. Pepatah ini seratus persen benar. Banyak sekali umat islam menangis dan menyesal, karena tidak bisa menunaikan haji, seperti banyak yang disampaikan oleh lansia yang sudah tidak kuat lagi berangkat haji tahun ini (2012). Padahal, mereka memiliki harta yang cukup. Sebab, harta yang selama ini dikumpulkan tidak ternyata tidak menjadikan dirinya abadi dan tidak menjadikan dirinya bahagia, justru anak-anaknya sering memperebutkannya.

Haji usia muda sangat indah dan menyenangkan. Betapa tidak? Karena masih kuat dan perkasa, sehingga bisa beraktifitas dengan sebaik-baiknya. Ibadah terasa menyenangkan, apalagi ditemani pasangan hidup hidupnya selama di Makkah dan Madinah, membuat perjalanan ibadah haji semakin sempurna.

Menyegerakan ibadah haji suatu hal yang sangat penting, dan di anjurkan oleh baginda Nabi Muhmmad Saw, dan menunda ibadah haji sangat membahayakan. Sebab, manusia tidak tahu kapan ia akan kembali ke hadirat Ilahi rabbi. Jangan sampai ketika menghadap Allah Swt, belum menunaikan ibadah haji, sementara hartanya cukup dan melimpah.

Nabi Saw pernah memberikan warning (peringatan) kepada umat islam yang secara sengaja menunda ibadah haji, yaitu memilih mati dalam kondisi Yahudi atau Nasrani. Warning Nabi Saw ini mengingatkan kepada kita betapa pengtingnya ibadah haji, sekaligus mengingkat manusia agar segera melaksanakan rukun islam yang ke-lima. Berhajilah selagi masih muda, yang menunda haji, karena usia, karena manusia tidak tahu kapakah masih diberikan kesempatan atau kesehatan.

One Response so far.

  1. Andrew Corelli mengatakan:

    I simply want to say I’m all new to blogging and site-building and truly liked your page. Most likely I’m going to bookmark your site . You absolutely have incredible article content. Thank you for sharing your webpage.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook