Posted by Abdul Adzim Irsad On Mei - 28 - 2012 1 Comment

 Sebelumnya diberitakan bahwa, anak yang belum memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) tidak boleh daftar haji. Padahal, ketentuan agama sudah akil baligh. Ketika sudah akil balig, sudah diwajibkan menunaikan ibadah haji jika syarat-syarat terpenuhi. Usia balig, bagi lelaki adalah 15 tahun, atau sudah bermimpi (keluar sperma), walaupun usianya belum memasuki 15 tahun. Sedangkan bagi wanita adalah 9 tahun, walaupun belum menstruasi (haid). Jika memasuki usia 7 tahun sudah menstruasi (haid), sudah termasuk balig. Dengan demikian sudah wajib menunaikan ibadah haji jika mampu.

Batasan usia 17 tahun yang ditentukan oleh pemerintah sekarang berubah. Seiring dengan antrian yang begitu panjang, maka anak yang berusia 17 tahun, walaupun belum memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) boleh mendaftar haji. Yaitu, dengan menggunakan Kartu Pelajar/Mahasiswa. Alasanya ialah, ketika usia 17 tahun daftar, keberangkatannya diperkirakan usia 27 tahun. Dengan demikian kondisi fisiknya masih prima (sehat wal afyat). Sedangkan, jika menunggu usia terlalu tua, maka dikhawatirkan kondis kesehatan akan berkurang. Sudah diketahui bersama, bahwa haji itu memerlukan fisik yang prima.

Tidaklah heran jika Nabi Saw menganjurkan kepada pengikutnya agar tidak menunda kebaikan, termasuk ibadah haji. Menunda haji, sama dengan menunda kebaikan. Seringkali orang menunda-nunda haji, ahirnya tidak bisa menunaikan ibadah haji. Ketika sehat disibukkan dengan pekerjaan, lupa dengan kewajiban. Ketika diberi sakit dan tidak berdaya barulah menyesali diri, kepada saya menunda ibadah haji?

Begitu juga orang kaya. Ketika harta melimpah, disibukkan dengan hartanya, membeli rumah dimana-mana, juga toko, pabrik, mobil. Ketika semuanya diambil oleh Allah Swt, menjadi miskin. Ia-pun menyesali diri sambil mengatakan:’’ seandainya hartaku aku buat ibadah haji….!tapi itulah penyesalan. Penyesalan pasti dibelakang. Tidak ada ceritanya kalu penyesalan itu di depan, kalau di depan itu namanya pendaftaran, begitulan guyonan teman-teman.

One Response so far.

  1. Linwood Marti mengatakan:

    I just want to mention I’m new to blogs and definitely loved you’re website. Probably I’m want to bookmark your blog post . You amazingly come with really good articles and reviews. Thank you for sharing your web-site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook