Posted by Abdul Adzim Irsad On Mei - 2 - 2012 1 Comment

Setiap orang akan menghadapi masalah yang beragam. Di dalam keluarga, seperti; pertengkaran suami istri karena urusan ekonomi, berbeda pendapat dan pendapatan, urusan pendidikan anak, bahkan urusan karena tak kunjung punya anak. Masalah perselingkuhan kadang menjadi persoalan serius yang siap menghancurkan masa depan keluarga. Bahkan, kadang masalah-masalah kecil, menjadi besar karena sulitnya menyamakan visi dan misi, walaupun menikah sudah bertahun-tahun.

Seorang wanita (istri) seringkali mempesar masalah-masalah kecil, sebaliknya sang suami seringkali meremehkan masalah-masalah besar. Berbedaan pendapat antara suami istri menjadi bagian yang tidak ter-elakkan. Semua masalah yang dihadapi, sudah pasti ada jalan keluarnya. Tuhan yang member masalah, manusia berusaha mencari solusi, dan tuhan yang member petunjuk. Allah Swt pula yang memberikan kekuatan kepada manusia agar supaya kuat dan perkasa di dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapinya.

Contohnya Nabi Muhammad Saw. Beliau mendapat cacian, hinaan, ancaman, bahkan sampai terusir dari makkah. Semakin besar ujian dan cobaan yang dihadapi, semakin tinggi pula derajatnya di sisi Allah Swt. Dengan catatan, semua masalah yang dihadapi dijalani dengan penuh kesabaran. Nabi Saw selalu memohon kepada Allah Swt agar supaya dijadikan orang yang besyukur dan bersabar sebagaimana tertuang di dalam sebuah doa yang artinya:’’ Ya Allah…!jadikanlah aku orang yang penuh dengan rasa syukur dan penuh dengan kesabaran’’. Makna yang terkandung di dalam do’a tersebut tersirat betapa sulitnya menghadapi berbagai masalah duniawi, sampai-sampai memohon kepada-Nya, agar supaya diberikan kekuatan fisik dan hati, agar setiap masalah dihadapi mampu dipikul walaupun itu sangat berat.

Sholat malam, kemudian dilanjutkan dengan dzikir (mengingat) Allah Swt setiap tenggah malam, akan mampu menjadi peredam, sekaligus memberikan energy baru. Ketika mengingat Allah Swt, tidak terasa dari sudut-sudut mata mengalir butiran air mata. Butiran air mata itu, akan menjadi saksi kelak dihadapan Allah Swt, bahwa tanggisan itu karena ingat (takut) kepada Allah Swt. Nabi Saw pernah berpesan singkat:’’ dua mata yang tidak akan pernah tersentuh sengatan panasanya api neraka, mata yang menangis karena takut kepada Allah Swt, dan mata yang selalu terjaga karena berjuag di jalan Allah Swt’’.

Mengangis ditenggah malam akan terasa indah dan nikmat ketika sedang bermunajat kepada Allah Swt. Semua persoalan duniawi bisa tercurahkan kepada Allah Swt, tangisan yang dibarengi dengan butiran air mata akan mengurangi beban hidup. Esok pagi, pikiran terasa tenang, hati terasa tentram, dan jiwa terasa bahagia, karena Allah Swt senantiasa bersamanya. Segala kegalauan urusan dunia, akan mendapatkan jalan keluar dengan tidak pernah terduga sebelumnya.

Setiap hari Allah Swt memerintahkan para malaikat untuk mecari kelompok orang-orang yang selalu berdzikir menyebut nama-Nya. Ketika malaikat mendapatkan komunitas berdzikir, para malaikat turut serta di dalam kerumunan itu. Oleh karena itu, ketika sedang berdzikir dan berdo’a, hendaknya satukan pikiran dan hati, seolah-olah Allah Swt hadir ditenggah-tenggah majlis dzikir. Jika ternyata sulit, ketahuilah bahwa Allah selalu memantau apa yang dilakukan oleh hamba-hambanya.

Galau….Galau….Galau…!tidak bisa diselesaikan dengan akal dan fikiran, melainkan dengan melalukan pendekatan itensif, rutin (istikomah), sholat malam dan berdzikir kepada Allah Swt. Dengan dzikir yang istikomah, semua persolan sedikit demi sedikit akan mendapatkan jalan keluar. Pada hakekatnya, berdzikir itu adalah menyapa Allah Swt. Ketika menyapa dengan hati dan pikiran yang bening, insaAllah semua akan mendapat perhatian dari Allah Swt, sebagaimana manusia memperhatikan-Nya. Dzikir dengan khusu’ ditenggah malam, adalah obat mujarab bagi setiap pemuda, lelaki, wanita, tua dan muda yang sedang galau urusan dunia.

One Response so far.

  1. Donn Turrentine mengatakan:

    I just want to tell you that I’m new to blogging and site-building and seriously loved you’re page. Likely I’m planning to bookmark your blog post . You certainly have fantastic writings. Many thanks for sharing with us your web page.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook