Posted by Abdul Adzim Irsad On April - 16 - 2012 1 Comment

RajabSetiap pagi biasanya di masjid-masjid, dan dimusolla terdengar suara puji-pujian unik nan menarik. Hampir semua jamaah di kampung-kampung hafal dengan pujian itu. Isi pujian itu adalah hadis Nabi Saw yang artinya:’’ Ya Allah…semoga engkau memberkahi kepada kami I dalam bulan Rajab dan Sya’ban, dan semoga engkau memperkenankan kami sampai pada bulan Ramadhan.

Puji-pujian ini begitu menarik. Anak-anak kecil tanpa harus disuruh menghafal, sudah terbiasa dan hafal hadis ini. Esensi dari pujian itu adalah memohon kepada Allah Swt agar supaya Allah Swt memberikan berkah yang melimpah pada bulan Rajab, serta memberikan waktu dan kesempatan agar bisa dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan. Sungguh hebat dan luar biasa para ulama terdahulu, mengenalkan do’a yang bersumber dari hadis Nabi Muhammad Saw lewat puji-pujian. Metode seperti ini sudah mulai ditinggalkan dan jarang ditemukan, kecuali dikampung-kampung.

Di sisi lain, sudah menjadi tradisi, pada bulan-bulan tertentu, sebagian komunitas muslim Indonesia melakukan perayaan hari besar islam, seperti bulan Rajab (isra’ mi’roj), Rabiu al-Awwal (Maulid Nabi). Ini sudah menjadi sebuah tradisi baik yang perlu dilestarikan. Biasanya, pada moment tersebut diceritkan panjang lebar, sepeutar kehidupan Muhammad Saw sang pencerah di dunia dan ahirat, sekaligus mengenalkan biografi Nabi Muhammad Saw sejak lahir hingga meninggal dunia. Sebab, kehidupan dan perjalanan Nabi Saw sangat inspiratif dan mampu memberikan energi baru kepada setiap pembaca dan pendengar dari setiap umatnya dimana saja. Bulan Rajab, salah satu moment penting untuk melestarikan tradisi positif ini.

Tidak dipungkiri, kehadiran Nabi dimuka bumi ini menjadi Public Figure  bagi umat islam untuk di teladani semua aspek kehidupanya. Tidak hanya orang islam, bahkan semua golongan mengakui kesempurnaan Nabi Muhammad. Pola fakir Nabi sangat sederhana tapi mempuyai nilai yang luar biasa, pola hidup yang sangat sederhana sebagai seorang pemimpin besar. Para ahli sejarah berlomba-lomba menulis tentang biografi Muhammad dari sebelum dilahairkan sampai masa kecilnya, remaja, dewasa, pernikahan sampai menjadi utusan Nabi. Kehidupan beliau sangat menarik untuk dijadikan rujukan bagi kita semua khususnya umat Islam, umumnya bagi umat manusia.

Para pakar sejarah dari kalangan islam dan non islam jug berlomba-lomba menulis tentang biografi Muhammad, kehidupan Muhammad menjadi inspirasi baru untuk ditulis dan diteladani bagi umatnya sendiri, menjadi kajian menarik di kalangan zionisme dan orietalisme untuk dperdebatkan, sebagaian mereka membenarkan dan setuju dengan tulisan sejarawan muslim tentang keberadaan Muhammad sebagai nabi dan rosul bahkan mereka terkagum-kagum dengan kehidupan nabi Muhammad, hal ini ditulis oleh salah satu pakar sejarah barat “ Karen Amstrong “  yang di beri judul dengan “ Muhammad Sang Nabi “ tapi tidak sedikit yang menghujat serta  menilai negative terhadap kehidupan Muhammad secara syamil,  mulai awal perjuangan di Mekah sampai berdirinya daulah ilsamiyah da Madinah Al Munawarah. Lebih ironis lagi, yang menganggap Isra’ Mi’raj  terjadi dalam mimpi, sehingga  peristiwa Khorikul Adat ( diluar kemampuan akal ) itu Irasional ( tidak masuk akal ). Namun apa yang mereka tuliskan, serta ungkapkan tidak akan mengurangi keimanan dan kesetiaan kaum muslimin terhadap Muhammad, bahkan menjadikan kekuatan baru serta menambah energi dalam persatuan dan kekuatan kita.

Setiap langkah dan denyut jantung Rosulullah sejak zaman jahiliyah sampai islamiyah menjadi kajian yang unik dan menarik bagi pakar sejarah, menjadi nilai ibadah jika diamalkan bagi kaum mukminin, menambah rasa mahabbah kepada beliau, menambah keimanan dan menghilangkan keraguan. Adakah manusia sempurna selain Muhammad? dalam kesempatan ini kami ingin membahas tentang “ Perjalanan sang Nabi bertemu dengan Allah SWT” yang dikenal  dengan Isra’ Mi’roj.

 

One Response so far.

  1. Cordell Clibon mengatakan:

    I just want to mention I am just beginner to weblog and really enjoyed your page. Likely I’m going to bookmark your website . You actually come with very good stories. Kudos for sharing with us your web-site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook