Posted by Abdul Adzim Irsad On Agustus - 29 - 2012 3 Comments

Ongkos 2012 Haji Naik

ARAFAH DARI UDARANaik…naik…naik….itulah harga-harga barang di negeri ini, termasuk ibadah haji menuju tanah suci Makkah. Bagi setiap orang yang akan berangkat haji, kenaikan yang telah ditetapkan tidak menjadi masalah yang berarti. Asalkan pelayanan kesehatan, ibadah, pemondokan, serta transpotasi, dan konsusmi selama di makkah, Madinah, Arafah, Mina. Lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Bagi sebagian calon jamaah ngrunedel, karena kenaikan tersebut. Dan, ini sangat wajar, karena memang biaya haji itu cukup besar. Bukan untuk pemberangkatan dan bekal selama di makkah dan madinah, tetapi biasaya persiapan dan kesehatan sebelum berangkat juga sangat rumit dan kadang berbelit-belit. Belum lagi tradisi tasyakuran yang kadang biayanya jauh lebi besar dari pada bekalnya.

Pada tahun 2011, biaya haji lebih murah sedikit jika dibandingkan dengan tahun 2012. Berdasarkan banyak berita, Pemerintah telah menetapkan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2012 sebesar 3.623 dolar AS atau sekitar Rp 33.331.600. BPIH itu naik 86 dolar AS atau Rp 2.594.500 dari tahun sebelumnya yang sebesar 3.537 dolar AS atau Rp 30.737.100. Kenaikan itu merupakan kesepakatan dalam rapat Panitia Kerja (Panja) BPIH Komisi VIII DPR dengan Kementerian Agama (Kemenag) (www.republika.co.id).

“Dari pihak Kemenag sudah sepakat soal BPIH ini, tapi kami masih tunggu hasil pleno DPR,” ujar Dirjen Haji dan Umrah Kemenag Anggito Abimanyu. Menurut Anggito, biaya pemondokan di Makkah dan Madinah serta biaya hidup turun 100 dolar AS menjadi sebesar 1.413 dolar AS dari 1.513 dolar AS pada tahun lalu, dengan kurs satu dolar AS Rp 9.200.

Lalu, mengapa BPIH tetap naik? Menurut Anggito, biaya penerbangan tahun ini naik 186 dolar AS menjadi 2.210 dolar AS dari 2.024 dolar AS tahun lalu. Itu yang menjadi penyebab kenaikan BPIH walaupun kenaikannya tidak signifikan. “Karena tiket pesawat naik terkait avtur, jadi totalnya juga naik,” ujar Anggito.

Mengenai perubahan harga avtur, Anggito menjelaskan, pihaknya akan mencoba melakukan pembicaraan dengan dewan terkait dengan perjanjian jangka panjang. Tujuannya agar penetapan harga avtur tidak harus dila ku kan setiap tahun. “Kami akan melakukan pembicara an agar ada perjanjian terkait harga avtur, jadi tidak naik terus,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Gondo Radityo Gambiro mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan perubahan dari kesepakatan Panja BPIH pada rapat pleno yang akan di lakukan secepatnya pekan ini.

Gondo menambahkan, Kemenag dan Komisi VIII telah berupaya sekeras mungkin untuk penetapan BPIH ini dengan mengoptimalkan setoran haji awal para jamaah. Hal ini terbukti dari harga direct cost menyangkut pemondokan dan lainnya turun kurang lebih 100 dolar AS. Padahal, menurutnya, harga di Arab Saudi naik.

Sekjen Kemenag Bahrul Hayat menegaskan, pemerintah akan meningkatkan pelayanan haji dari segi katering dan pengawasannya. Salah satu caranya dengan standardisasi pada 211 ribu katering yang akan melayani jamaah haji. Menurut Bahrul, Kemenag juga akan mengajukan penambahan jumlah katering sebanyak 30 ribu guna meningkatkan pelayanan.

Catatan yang paling penting ialah, tingkatkan pelayanan terhadap jamaah haji. Perhatikan ksehatan setiap jamaah haji, dan tenaga medis yang diperbantukan harus benar-benar memberikan pelayanan kesehatan bukan malah sibuk haji sendiri. Dan, transportasi hendaknya lebih baik dan nyaman, baik dari Jakarta menuju Jeddah, atau selama di Makkah dan Madinah dan ARMINA. Begitu juga pemodokanya tidak jauh. Dengan begitu, jamaah haji akan senang dan tenang selama melaksanakan ibadah di Makkah dan Madinah

3 Responses so far.

  1. lista de emails mengatakan:

    your website is good, but always try to improve it or innovate and it’ll be even better. lista de emails lista de emails lista de emails lista de emails lista de emails

  2. Lauren Tave mengatakan:

    I just want to tell you that I am new to weblog and honestly loved this website. More than likely I’m planning to bookmark your site . You really come with perfect articles. Thanks a bunch for sharing with us your web site.


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook