Posted by Abdul Adzim Irsad On Januari - 29 - 2016 0 Comment

CoverSetiap bagun tidur wajib bagi setiap mukmin bersyukur kepada Allah SWT dengan berdoa ” Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT yang telah menghidupkan kami setelah mematikan (menidurkan) semalam kepada Allah akan bangkit”. Bangun tidur saja diperintahkan bersykur kepada-Nya. Betapa dasyatnya syukur kepada Allah SWT.

Namun tidak senua orang yang terbangun dari tidurnya bersyukur dan berdoa. Sebagian dari mereka, bahkan kita sudah dipusingkan dengan pekerjaan. PIkirkannya macam-macam, ada yang mikir kerjaan numpuk di kantor, harga barang dipasar, harga dollar, mikir pasangan hidupbya dan juga mikir utang dan kreditan. Kadang lupa terhadap Allah SWT yang telah memberikan jutaan nikmat yang tak terhitung junlahnya.
Bangun tidur yang dipikirkan bukan kewajiban kita kepada Allah SWT melainkan urusan pribadi. Sementara Rosulullah SAW yang dipikirkan nasib umatnya. Dalam kondisi sakitpun yang dipikirkan umatnya. Adakah orang yang lebih mulia melebihi kemulyaan Rosulullah SAW. Bangun tidur, Nabi Muhammad SAW mengajarkan bagaimana cara bersyukur kepada Allah SWT.
Rasulullah SAW dalam sebuah hadisnya bersabda” Barangsiapa yang bangun di pagi hari namun hanya dunia yg dipikirkannya, shg seolah-olah dia tidak melihat hak Allah SWT dalam dirinya maka Allah akan menanamkan 4 penyakit dalam dirinya: kebingungan yang tiada putusnya, kesibukan yang tidak ada ujungnya, kebutuhan yang tidak terpenuhi dan keinginan yang tidak tercapai”. (HR. Ath Thabrani).
Maka marilah kita mulai aktifitas pagi dengan mengucapkan Alhamdulillah atas segala karunia Allah SWT yang tak terhingga. Selanjutnya merasa bersyukur kepada-Nya atas nikmat iman dan islam. Yang mana Allah SWT Dia masih memberi kesehatan dan kesempatan untuk bernafas menikmati indahnya dunia. Ketika manusia pandai bersyukur niscaya nikmat Allah SWT akanvterus bertambah dan bertambah. Jagalah Allah SWT niscaya Allah SWT akan menjaga kita.
Tidak ada amalan dan ibadah yang dilakukan oleh seorang hamba melebihi ibadah sholay fajar. Beruntung sekali orang yang bangun dipagi hari, usai memuji Allah SWT kemudian mengambil air wudu. Dilanjutkan sholat sunnah. Rosulullah SAW bersabda”Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”(HR. Muslim ). Makna hadis itu begitu dalam, dimana seseorang akan merasa dekat dengan-Nya dan begitu damai dalam dekapan-Nya. Sholat itu membuat semua menjadi indah. Rosulullah SAW berkata”Barangsiapa yg shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah”.
Jangan biarkan pagi terleqatkan begitu saja, hiasilah rumah kita dengan alutan ayat-ayat suci Al-Quran, tasbih dan asmaul khusna. Basahi bibir merah kita dengan dzikir dan sholawat dan salam atas Rosulullah SAW Agar rumah kita makin indah nan berkah. Keluarga juga sakinah, anak-anak menjadi sholih dan sholihah.
Tidak lupa ketika matahari mulai terbit dilanjutkan dengan 2 rakaat sholat dhuha, 4 rakaat atau hingga 6 rakaat. Itulah pesan baginda Rosulullah SAW. Begitulah nikmat dan mulyanya menjadi umat Rosulullah SAW. Mulya di dunia dan kelak memperoleh syafaatnya.
Bersykur itu bukan saja memperoleh nikmat Allah SWT. Ketika memperoleh ujian juga harus bersyukur karena itu bertanada Allah masih ingat dan sayang dengan kita. Ketika tetangga mendapatkan nikmat justru kita mengucapkan Alhamdilillah. Dan berharap agar Allah SWT senantiasa menjaga keimanan sesamanya. ( Abdul Adzim Irsad. Malang 27/01/2016)


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook