Posted by Abdul Adzim Irsad On September - 9 - 2013 0 Comment

Sebanyak 10 kelompok terbang (kloter) pertama akan diterbangkan dari 10 embarkasi pada Selasa (10/09) mendatang, kata Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (Pinmas) Zubaidi, di Jakarta, Senin.

Menag Suryadharma Ali dijadwalkan akan melepas keberangkatan kloter pertama jamaah haji DKI Jakarta di Asrama Haji Pondok Gede.

Berdasarkan jadwal, awal pemberangkatan haji di Indonesia pada musim haji tahun ini akan dilaksanakan pada Selasa, 10 September 2013. Dan, dijadwalkan akan berakhir pada 9 Oktober 2013. Sedangkan, wukuf kemungkinan jatuh pada 14 Oktober 2013.

Haji 2013

Ia menjelaskan, masing-masing kloter akan didampingi lima petugas haji yang terdiri dari: satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan tiga orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Semenara pada 20 Oktober 2013 merupakan awal pemulangan jamaah haji dari Arab Saudi ke Tanah Air dan akan berakhir pada 18 November 2013. Maskapai penerbangan pengangkut jamaah tahun ini tetap dua, yaitu Garuda Indonesia (GA) dan Saudi Arabia Airlines (SVA).

Zubaidi menambahkan tahun ini sesuai ketetapan dari Kemenag, Bandara Halim Perdanakusuma akan difungsikan kembali menjadi embarkasi keberangkatan haji untuk wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Pemindahan embarkasi haji ke Halim ini, disebabkan renovasi Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini masih dalam pengerjaan di sekitar embarkasi haji.

Untuk mengantisipasi adanya hambatan akibat renovasi tersebut, diputuskan Bandara Halim Perdanakusuma diaktifkan kembali menjadi embarkasi keberangkatan haji 2013. Kesiapan embarkasi Halim Perdanakusuma pun sudah mencapai 100 persen.

Proses pengurusan kelengkapan dokumen dilakukan di asrama haji Pondok Gede, sehingga jamaah ketika sampai di Bandara sudah kelar semua dokumen keberangkatan. “Ini berlaku untuk semua embarkasi di seluruh Indonesia, termasuk embarkasi antara atau penghubung,” ujar Cepi.

Tentang penggunaan kedua maskapai penerbangan itu, ia menilai, karena mampu dan memenuhi syarat sebagai pelaksana angkutan jamaah dari Indonesia.

Garuda akan mengangkut jamaah dari Embarkasi Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta (khusus Provinsi DKI Jakarta), Banten, Lampung, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. Sedangkan, SVA akan mengangkut jamaah asal Embarkasi Batam, Jakarta (khusus Provinsi Jawa Barat), dan Surabaya (sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/umroh-haji/13/09/09/msu3v0-10-kloter-dari-10-embarkasi-bertolak-ke-saudi)


Facebook Like Box provided by technology news
  • Facebook